UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH SISWA KELAS XI SMK PELITA HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Muhlis Fahdiar Sembiring STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.54

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sering dianggap sebagai pembelajaran yang bersifat normatif sehingga dianggap tidak menarik dan membosankan. Padahal pelajaran PKn merupakan pelajaran penting dalam membelajarkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik serta mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral sehingga nantinya dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan yang harus dilakukan guru dalam pola pengajarannya. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi belajar yang menarik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan pembelajaran kontekstual oleh Siswa Kelas XI SMK Pelita Hamparan Perak tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pelita Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Aktivitas guru dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dalam mengajar pada siklus I menunjukan berkategori baik dan pada siklus II naik menjadi sangat baik.Aktivitas siswa dengan diterapkan pembelajaran kontekstual dalam mengajar pada siklus I menunjukan berkategori baik dan pada siklus II naik menjadi sangat baik. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 66,67% sedangkan pada siklus II memperoleh nila rata-rata sebesar 81 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukan terjadi perubahan yang baik dari hasil tes siklus I ke tes siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan pembelajaran kontekstual oleh Siswa Kelas XI SMK Pelita Hamparan Perak tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran kontekstual

References

Ali, Muhammad. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Dede Rosyada, dkk, Buku Panduan Dosen Pendidikan Kewargaan (Civic Education)

Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Fajar, Arnie. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002.

Jauhar, M. Implementasi PAIKEM. Jakarta ; Prestasi Pustakarya.2011.

Nurhadi. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas

Negeri Malang. 2004.

Nasution, S. Buku Penuntun Membuat Desertasi, Thesis, Raport dan Peper. Bandung : Jemmars. 1992.

Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Roestiyah, NK. Masalah-Masalah Ilmu Keguaruan. Jakarta : bina Aksara. 1988.

Rosalin, Ellin, Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual, Bandung: Karsa Mandiri Persada, 2008.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. 2010.

Sudjana, Nana.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002.

Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Sugiono. Statistik Untuk Penelitian Bandung: Alphabeta, 2011.

Surakhman, Winarno. PengantarPenelitian Ilmiah Dasar. Bandung : Tarsito, 2002.

Sudjana, Metode statistika, Bandung, Tarsito. 2005.

Usman, M. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2010.

Downloads

Published

2018-11-26