PENGARUH KONSEP DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA SATRIA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Dedi Hermawan Syahputra STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.58

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Peneliti mengambil sampel sebanyak 20% dari masing-masing kelas secara acak, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Pemahaman konsep diri siswa masih rendah, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada hasil jawaban angket siswa sebesar 60,19. Hal ini yang menjadi akbat dari rendahnya prestasi belajar PKn siswa setelah dilihat dari daftar nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 70. Setelah siswa diberi pemahaman tentang konsep diri, perolehan nilai rata-rata pada hasil jawaban angket siswa meningkat sebesar 85,19. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah melihat nilai dari daftar nilai ulangan harian siswa yang diberikan guru PKn setelah penelitian ini selesai dilaksanakan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk mengetahui homogenitas data yang telah diperoleh, telah diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh adalah homogen. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, telah dilakukan perhitungan statistik dengan menggunakan rumus uji t dengan temuan bahwa nilai thitung > ttabel. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis kerja atau Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh konsep diri siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMK Swasta Satria Binjai tahun pelajaran 2017/2018.â€kata kunci : konsep diri, prestasi belajar siswa, belajar PKn siswa

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

AM, Sardiman. 2009. Interaksai & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2010. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito.

Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Pudjijogyanti R., Clara. 1984. Konsep Diri dalam Pendidikan, Jakarta, Rajawali.

Riduan. 2010. Belajar Muda Penelitian. Bandung: Alpabet.

Rusyan, A.T. dkk. 2005. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Samsyudin, AR & Vismaia. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti dan Hidayat. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju.

Staton, Thomas F. 1978. Cara Mengajar dengan Hasil yang Baik, Bandung: CV. Diponegoro.

Sudjana, Nana. 2002. Metoe statistika. Bandung : Sinar Baru.

Sugiono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alphabeta.

Suryabrata, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Tarsito. Edisi ke-10.

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2018-11-26