HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Roy Kembar Habibi Universitas Lampung
  • SIti Nuraini Universitas Lampung
  • Yoga Fernando Rizqi Universitas Lampung

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting bagi manusia dalam menghadapi tantangan kehidupan. Pendidikan juga merupakan sarana mutlak yang dipergunakan untuk mewujudkan masyarakat madani yang mampu menguasai, mengembangkan, mengendalikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi perhatian orang tua diperlukan untuk kegiatan belajar anak agar menumbuhkan semangat belajar. Keluarga adalah tempat pertama pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara terhadap 84 responden. Hasil yang diperoleh berdasarkan perhitungan skor indikator perhatian orang tua memperoleh rerata skor actual sebanyak 1549,4 dengan presentase 79,18% sedangkan indicator kedisiplinan belajar memperoleh rerata skor actual sebanyak 1711,4 dengan presentase 75,42%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Habibi, R. K., Nuraini, S., & Rizqi, Y. F. (2023). HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1008