ANALYSIS OF DIDACTIC VALUES IN CHILDREN'S SONG POETRY INDONESIA AS STRENGTHENING CHILDREN'S SELF
Didactical Value in Indonesian Children's Song Poems
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai-nilai didaktik dalam lirik lagu anak Indonesia yang masih sedikit baik kuantitas maupun kualitasnya. Faktanya, Indonesia memiliki banyak lagu anak-anak yang berkualitas dan layak dijadikan bahan penelitian dalam bentuk penelitian sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai didaktik dalam lirik lagu anak-anak Indonesia dan hasil pemanfaatannya untuk memperkuat jati diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu dengan pedoman analisis nilai didaktik dengan menggunakan teori Abrams, 1999; Sumiyadi, 2016; Nofasari, 2023) serta pedoman wawancara didaktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis nilai didaktik yang terkandung dalam lirik lagu anak Indonesia terdiri dari nilai agama, nilai moral, dan nilai sosial. Analisis nilai-nilai didaktik dalam lirik lagu anak Indonesia berdasarkan teori didaktik menurut teori yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk memperkuat jati diri siswa. Kata Kunci: Nilai Didaktik, Puisi Lagu Anak Indonesia, Identitas Anak.Downloads
Published
2023-12-23
How to Cite
tarigan, novta_ferbina, Nofasari, E., & Siddiqin, M. A. (2023). ANALYSIS OF DIDACTIC VALUES IN CHILDREN’S SONG POETRY INDONESIA AS STRENGTHENING CHILDREN’S SELF: Didactical Value in Indonesian Children’s Song Poems. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1060
Issue
Section
Articles