ANALYSIS OF DIDACTIC VALUES IN CHILDREN'S SONG POETRY INDONESIA AS STRENGTHENING CHILDREN'S SELF

Didactical Value in Indonesian Children's Song Poems

Authors

  • novta_ferbina tarigan STKIP Budidaya Binjai
  • Erlinda Nofasari STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • M. Ali Siddiqin STKIP BUDIDAYA BINJAI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai-nilai didaktik dalam lirik lagu anak Indonesia yang masih sedikit baik kuantitas maupun kualitasnya. Faktanya, Indonesia memiliki banyak lagu anak-anak yang berkualitas dan layak dijadikan bahan penelitian dalam bentuk penelitian sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai didaktik dalam lirik lagu anak-anak Indonesia dan hasil pemanfaatannya untuk memperkuat jati diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu dengan pedoman analisis nilai didaktik dengan menggunakan teori Abrams, 1999; Sumiyadi, 2016; Nofasari, 2023) serta pedoman wawancara didaktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis nilai didaktik yang terkandung dalam lirik lagu anak Indonesia terdiri dari nilai agama, nilai moral, dan nilai sosial. Analisis nilai-nilai didaktik dalam lirik lagu anak Indonesia berdasarkan teori didaktik menurut teori yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk memperkuat jati diri siswa. Kata Kunci: Nilai Didaktik, Puisi Lagu Anak Indonesia, Identitas Anak.

Author Biographies

Erlinda Nofasari, STKIP BUDIDAYA BINJAI

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

M. Ali Siddiqin, STKIP BUDIDAYA BINJAI

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

tarigan, novta_ferbina, Nofasari, E., & Siddiqin, M. A. (2023). ANALYSIS OF DIDACTIC VALUES IN CHILDREN’S SONG POETRY INDONESIA AS STRENGTHENING CHILDREN’S SELF: Didactical Value in Indonesian Children’s Song Poems. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1060