NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “RUMAH TANPA JENDELA” KARYA ASMA NADIA SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel

Authors

  • rabiatun sania STKIP Budidaya Binjai
  • Erlinda Nofasari STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Sawaluddin Siregar STKIP BUDIDAYA BINJAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel "RTJ" yang ditulis oleh Asma Nadia dan bagaimana nilai-nilai ini dapat memperkuat profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan dirinya sendiri sebagai instrumen, dibantu oleh panduan analisis nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan teori pendidikan karakter Sukatin dan Al-Faruq (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel "RTJ" karya Asma Nadia, terdapat lima belas dimensi pendidikan karakter yang mencakup unsur religius, kejujuran, toleransi, kreativitas, disiplin, kerja keras, semangat kebangsaan, kemandirian, rasa ingin tahu, penghargaan terhadap prestasi, kepedulian terhadap lingkungan, kemampuan berkomunikasi dan bersahabat, minat dalam membaca, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Selanjutnya, nilai-nilai pendidikan karakter yang muncul dalam novel ini, sesuai dengan teori pendidikan karakter Sukatin dan Al-Faruq (2020: 68), dapat digunakan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia di lingkungan sekolah. Nilai pendidikan karakter dalam novel "RTJ" karya Asma Nadia dapat dikelompokkan ke dalam dimensi nilai profil pelajar Pancasila, yaitu 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia: Nilai religius, nilai kejujuran, toleransi, penghargaan terhadap prestasi, dan tanggung jawab. 2) Mandiri: Nilai kemandirian dan disiplin. 3) Bergotong-royong: Nilai semangat kebangsaan, kepedulian terhadap lingkungan, dan kepedulian sosial. 4) Berkebinekaan global: Nilai toleransi, kepedulian terhadap lingkungan, dan kemampuan berkomunikasi dan bersahabat. 5) Bernalar kritis: Nilai kreativitas dan rasa ingin tahu. 6) Kreatif: Nilai kreativitas.   Kata Kunci: Nilai, Novel, Pendidikan Karakter, Rumah Tanpa Jendela, Profil Pelajar Pancasila.

Author Biographies

Erlinda Nofasari, STKIP BUDIDAYA BINJAI

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sawaluddin Siregar, STKIP BUDIDAYA BINJAI

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

sania, rabiatun, Nofasari, E., & Siregar, S. (2023). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “RUMAH TANPA JENDELA” KARYA ASMA NADIA SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1061