KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BAGI SISWA SMA NEGERI 2 BINJAI
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui gaya belajar apa yang dominan bagi siswa SMA Negeri 2 Binjai terhadap pembelajaran biologi. Pengkajian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Objek dalam pengkajian ini sebanyak 48 orang siswa kelas X MIPA dan guru mata pelajaran Biologi. Instrumen yang digunakan didalam pengkajian ini adalah data primer yang berupa hasil wawancara dan hasil angket dan data sekunder berupa jurnal pendukung data primer tersebut. Berdasarkan hasil pengkajian yang dilakukan ditemukan persentase gaya belajar tertinggi sebanyak 63% siswa lebih menyukai dan memahami materi pembelajaran dengan gaya belajar auditori. Hal ini terjadi karena faktor kebiasaan guru mengajar dengan metode ceramah pada awalnya mendapatkan respon positif dari siswa dan hasil belajar yang memuaskan saat guru tersebut belajar untuk mengenali gaya belajar yang dominan bagi para siswanya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perlu bagi seorang guru untuk mengenali, memahami, dan mencari tau gaya belajar apa yang cocok, disukai, dan lebih mudah dipahami bagi para siswanya dan disesuaikan dengan metode mengajar yang dibawakan sehingga para siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan sehingga tercapainya tujuan pembelajaranDownloads
Published
2023-12-23
How to Cite
afni, khairina, & dewi rulia sitepu. (2023). KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BAGI SISWA SMA NEGERI 2 BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1084
Issue
Section
Articles