ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MTS NEGERI BINJAI

Authors

  • Djaka Indonesia
  • Lilis Saputri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest and post-test control group design. Populasi adalah siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 23 orang. Data dalam kelompok kontrol berjumlah 23 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi rederhana. Tes yang digunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang dinyatakan validitor dan siswa data valid . dengan data normalitas 8,83 normal, data homogenitas 0,917 Homogen, dan data hipotesis 0,925 normal. Dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 67,56 dan 68,41. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai r_hitung kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen adalah 0,925 sedangkan r_tabel 0,396, Pengujian hipotesis dalam uji-r juga dilakukan perhitungan diperoleh nilai r_hitung kepercayaan diri siswa kelas eksperimen adalah 0,907 sedangkan r_tabel 0,396. Maka dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaaan diri pada materi SPLDV dikelas X SMK Putra Anda Binjai.

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v9i2.1095

Keywords:

Hasil Belajar, Gaya Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

This study aims to analyze student learning outcomes based on learning styles as differentiated learning data at Mts Negeri Binjai. The population in this study were all students of MTS Negeri Binjai, with a sample of 31 people consisting of 15 boys and 16 girls. This research uses a quantitative analytical descriptive approach. Analysis in descriptive research can be divided into activity analysis and content analysis. The results in this study The results of the pre-test description show that the classical completeness of children is 61.29%. This shows that soccer learning has not been successful. This is due to the existing mismatch between students' learning styles and the learning methods used. Unconsidered learning styles can be a huge obstacle to achieving the best learning outcomes. After implementing differentiated learning, there was a significant improvement with a classical completeness of 90.323% in the post test. This shows that seeing and adjusting students' learning styles can produce better learning outcomes. One can improve learners' understanding, skills and interest in soccer material by applying a differentiated learning approach that considers diverse learning styles.

References

Barella, Y. (2023). Learning Style Preferences in Social Studies Based on Gender Differences of Junior High School Students in Singkawang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2671-2677.

Cahyono, A. E. (2023). Membangun Kemandirian Belajar Untuk Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 167-174.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Kristiani, E., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 197-211.

Mujiono, M., Degeng, I. N. S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan pembelajaran sistem blended berbasis universal design for learning untuk kelas inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 758-763.

Nofriansyah, N., Pernantah, P. S., & Riyadi, S. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1565-1574.

Pertiwi, I., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8173-8177.

Ria, T. N., Kurniati, L., & Haksasi, B. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Dan Keterampilan Mengajar Pada Guru Yayasan Imam Syafi’i Jepara Melalui Pemahaman Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2(4), 108-113.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.

Saputro, A. A. (2022). Pengaruh Prestasi Belajar Dilihat Gaya Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Journal of SPORT, 6(1).

Setiyo, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Kolaboratif Dengan Melibatkan Orang Tua Dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Student's Well-Being Di Masa Pandemi. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61-78.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas IXB Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

Wilis, D. R. (2006). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran: Jakarta: Erlangga.

Zulfah, S. A., & Mukhoiyaroh, M. (2022). Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 144-157.

Downloads

Published

2023-12-23 — Updated on 2024-01-22

Versions

How to Cite

Setya Syaputra, D., & Saputri, L. (2024). ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MTS NEGERI BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.37755/sjip.v9i2.1095 (Original work published December 23, 2023)