PENGARUH EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII TAMANSISWA BINJAI

Authors

  • Nurul Hasanah
  • Dessy Fitriani

Abstract

    Teknik Self Management merupakan salah satu model dalam cognitive-behavior theraphy, self-management meliputi pemantuan diri (self-monitoring), reinforcement perilaku yang positif (self-reward), kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri (self-contracting), dan penguasaan terhadap rangsangan (stimulus control). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan pada siswa kelas XII IPS 2 SMA Tamansiswa Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pre dan post-test One grup design. Sample penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 dengan jumlah sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala kedisiplinan siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa kelas XII SMA Tamansiswa Binjai adalah 98.3125 dengan Sig 0,05 dimana P<0.05. Artinya Self-management memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas XII IPS 2 SMA TamanSiswa. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti teknik self-management pada variabel lain seperti merokok, seks bebas,dan kecanduan gadget.  

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Hasanah, N., & Dessy Fitriani. (2023). PENGARUH EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII TAMANSISWA BINJAI. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1103