- Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan
-
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi geometri diperoleh melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 26 orang, jumlah siswa laki laki sebanyak 13 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 13 orang . Penelitian tindakan ini dirancang dalam siklus berkelanjutan sebanyak dua (2) siklus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi yang diberikan kepada guru dan juga siswa dan instrument tes digunakan untuk mengukur ketuntatasan belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan tes maka diperoleh hasil bahwa pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan jumlah siswa 26 orang, terdapat 21 siswa atau 81% yang tuntas dan yang tidak tuntas ada 5 Siswa atau 19% yang tidak tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan jumlah 26 siswa, terdapat 24 siswa atau 92% yang tuntas dan yang tidak tuntas ada 2 Siswa atau 8% yang tidak tuntas dan nilai rata- rata sebesar 80,2. Artinya terdapat peningkatan kemampuan siswa pada siklus II dibandingkan pada Siklus I.Downloads
Published
2023-12-23
How to Cite
Sinaga, R. S. (2023). - Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan: -. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1108
Issue
Section
Articles