IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT PADA MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PERENCANAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 14 MEDAN

Authors

  • Fitriana Pohan

Abstract

Salah satu faktor yang berperan penting untuk peningkatan mutu pendidikan adalah strategi manajemen (management strategic). Tujuan penelitian ini adalah : Pertama, untuk mengetahui bagaimana implementasi analisis SWOT pada manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 14 Medan. Kedua adalah untuk melihat apa saja faktor penghambat dan pendukung analisis SWOT dalam perencanaan strategik peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 14 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada bulan Oktober di SMK Negeri 14 Medan ini, bahwa implementasi analisis SWOT di SMK Negeri 14 Medan dilaksanakan pada setiap tahun dengan menggunakan analisis SWOT berbentuk matrik SWOT 4 Kuadran, yang hasilnya sebagai berikut : strengths yang dimiliki memenuhi semua standar dari indikator mutu yang telah ditetapkan oleh pemerintah, weaknesses yang dimiliki oleh geografis sekolah di pusat kota, stakeholder yang kurang disiplin, sistem manajerial yang kurang rapi, opportunities yang dimiliki kemitraan yang tinggi, peningkatan suasana kondusif, sedangkan treats yang harus dihadapi yakni menyatukan civitas akademika satu visi, persaingan lembaga pendidikan eksternal, perubahan globalisasi. Faktor-faktor pendukung implementasi analisis SWOT adalah stakeholder yang aktif dan kepala sekolah yang progresif dalam evaluasi dan pengembangan dan untuk faktor-faktor penghambatnya yakni adanya kendala sistem informasi manajemen masih konvensional, sumber daya manusia yang masih belum professional.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Pohan, F. (2023). IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT PADA MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PERENCANAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMKN 14 MEDAN. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/1124