PENGEMBANGAN HALAMAN INFORMASI CERITA RAKYAT UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX C SMPN 1 TEMPUREJO JEMBER

PENGEMBANGAN HALAMAN INFORMASI CERITA RAKYAT UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX C SMPN 1 TEMPUREJO JEMBER

Authors

  • Cahya Duta Jaya Sugihartono Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v10i1.1302

Keywords:

Halaman Informasi, Literasi Minat Baca, Cerita Rakyat

Abstract

Pentingnya pendidikan nasional sangatlah penting, terutama jika kita melihatnya sebagai warisan budaya yang kaya, yang pada gilirannya dapat membentuk karakter individu melalui literasi. Literasi budaya berbasis kearifan lokal tidak hanya memperluas keterampilan membaca dan menulis, namun juga meningkatkan pemahaman terhadap nilai, tradisi, dan filosofi yang terkandung dalam cerita rakyat dan narasi lokal lainnya. Dengan menggunakan halaman informasi yang relevan, hal ini juga dapat memperkaya minat membaca siswa dan menanamkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam cerita rakyat pada generasi muda. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan sampel penelitian siswa kelas IX C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa sebelum dilakukan penelitian memang mengalami penurunan, dan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan literasi berbasis website, minat membaca siswa cenderung meningkat. KATA KUNCI : Halaman Informasi, Minat Literasi Membaca, Cerita Rakyat

References

Abdullah, Rohi. 2018. 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Affdany, S. (2017). Penanaman Nilai-nilai kearifan lokal dalam meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching dan Learning Journal, 2(2), 201-225.

Agus Wibowo dan Gunawan, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), hal. 12-1

Agustin, D.L., Sutansi, S., & Muzaki, F.I. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Audio-Visual Berbasis Powtoon Materi Mengenal Macam-Macam Pantun Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan.

Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Alternatif Bacaan Bagi Anak. Trihayu, 1(2), 259093.

Budiarsa, Sudiana, & Arnyana. (2022). Pengembangan Buku Cerita Berkearifan Lokal Bali Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.953

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3(1): 35–42.

Dewi, N.P. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Enok Maryani dan Ahmad Yani, Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Memitigasi Bencana dan Aplikasinya sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Nilai, (Bdanung: UPI), hlm. 116

Hamidah, M., & Darmayanti, M. (2022). PENGEMBANGAN MODUL IPAS UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1230-1246.

Hermansyah, W., & Gunawan, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkdanung Dalam Khazanah Leksikon Istana Raja Sumbawa (Dalam Loka) di Kabupaten Sumbawa: Menemukan Model Baru Penguatan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan).

Judana, J. (2019). Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat dan Peranannya dalam Pembentukan Karakter Siswa. Lingua, 15, 161-179.

Fitriani, B., Luma, M., Kamarudin, K., Irwan, I., & Akbar, A. (2023). Penguatan Pemahaman Budaya dan Kearifan Lokal Melalui Program Literasi Budaya. Jurnal Abdidas, 4(1), 27-32.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Sugihartono, C. D. J. (2024). PENGEMBANGAN HALAMAN INFORMASI CERITA RAKYAT UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX C SMPN 1 TEMPUREJO JEMBER: PENGEMBANGAN HALAMAN INFORMASI CERITA RAKYAT UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX C SMPN 1 TEMPUREJO JEMBER. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.37755/sjip.v10i1.1302