PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 ALASA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti, bahwa siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Alasa Tahun Pelajaran 2023/2024, memiliki motivasi belajar yang masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari antusias dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Alasa tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data di kumpulkan dengan teknik kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui hasil perhitungan pengujian hipotesis ditemukan thitung = 13,041 dan ttabel = 1,656. Sedangkan kriteria Uji t adalah : Ha diterima jika thitung > dari ttabel dan Ho di tolak. Berdasarkan kriteria tersebut di atas ternyata harga thitung > ttabel artinya hipotesis Ha diterima dan hipotesis tandingannya Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Semakin termotivasi siswa untuk belajar maka hasil belajar juga akan baik.References
Al Mutasemi, N. (2024). PENGARUH PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI NAHDLATUL MUBTADIIN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 242–251.
Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1–15.
Baharuddin, A. R., & Riduwan, M. (2024). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. JURNAL TA’LIMUNA, 2(1), 10–19.
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68.
Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.
Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.
Khoiri, Q., & Nopitasari, M. (2024). Pengelolaan interaksi belajar-mengajar. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(2), 199–205.
Muhammad, M., Arisanty, D., & Hastuti, K. P. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 1 Tamban dan SMAN 1 Mekarsari. Basila Journal of Educational Research, 1(1), 13–18.
Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 237–244.
Nasution, F., Hasibuan, I. W., Siregar, J. H. H., & Hasibuan, N. S. (2024). Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Purnomo, A. K., & SE, M. M. (2023). Statistika Inferensial dan Kumpulan Soal. Nas Media Pustaka.
Puspitasari, Y., & Surur, M. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Di Tinjau Dari Motivasi Belajar dan Pespektif Mahasiswa Pada Mata Pelajaran Biologi Dasar Di STKIP PGRI Situbondo. ORYZA (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI), 13(1), 128–136.
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039–4050.
Rohili, L. (2024). Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Metode CAR Kelas VII SMPN 3 Cipatat. Kinanti: Jurnal Karya Insan Pendidikan Terpilih, 2(1).
Salindeho, C. A., Tamboto, F. I., & Mangundap, J. M. (2024). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Katolik ST. Nicolaus Talawaan. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 786–792.
Setiawan, H. R., & Bahtiar, A. (2023). Monograf: metode role play (upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik). umsu press.
Syah, M. E., & Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi belajar. Feniks Muda Sejahtera.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.
Yanti, R., & Syam, H. (2024). TEORI BELAJAR KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(3), 338–344.
Zahra, W. A., & Marsofiyati, M. (2024). Hubungan Motivasi Ekstrinsik dalam Mendorong Prestasi Belajar Peserta Didik. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11).