KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK

mardiati mardiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA melalui penerapan metode kooperatif tipe investigasi kelompok pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Selesai tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu  kelas X-MIA1 sebagai kelas dengan menerapkan pembelajaran investigasi kelompok berjumlah 36 siswa dan kelas X-MIA2 sebagai kelas dengan menerapkan pembelajaran konvensional berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu  dengan menggunakan posttest only control group design. Data  pretes dan postes  yang  digunakan  berdistribusi  normal,  memiliki  varians  yang  sama  atau bersifat  homogen,  dan  memiliki  kesamaan  rata-rata. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan penerapan metode kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA.


References


Al. Krismanto, dan Widyaiswara. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas PPPG Matematika.

Arends, R.I. 2008. Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet.XV, Jakarta: Rincka Cipta.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hodiyanto, Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN : 2088 – 687x

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, Virginia: NCTM

Nurhasanah, Yeni., 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMA.Skripsi. FPMIPA. UPI

Ramadhani, Evi., Mardiati. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada materi matriks Kelas XI SMK Negeri I Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika. 12(1), 19-25

Slavin. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sufena, E., Suyono, S., & Hakim, L. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal of Mathematics Learning, 1(1), 27-38. https://doi.org/10.30653/004.201811.3

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. I, Bandung: Alfabeta.

Utami Citra, dkk, 2015. Pembelajaran Model Generatif Dengan Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Unnes Jurnal Matematika




DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Serunai : Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan

STKIP Budidaya Binjai

http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id

publikasibudidaya@yahoo.com