PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP SWASTA BUDI UTOMO BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/sjip.v8i2.774Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian One Pretest- Posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Binjai, dan pengambilan dengan teknik random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran STAD. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan data penelitian di analisis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh F_hitung =1,642, sedangkan F_tabel = 4,149Â pada taraf signifikan 5% sehingga F_hitung > F_tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran STAD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.References
Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta : Bumi Aksara). 2013.
Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivis, (Jakarta: prestasi Pustaka, 2007)
Fisher Alec. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta : Erlangga
Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, (Jakarta : Penerbit Puspa Swara, 2008)
Slavin, R., Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, (Bandung : Nusa Media,2008)