HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABALAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Risma Dina
  • Efrini Panjaitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan emotional quotient dengan sikap toleransi beragama siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Babalan. Metode penelitian ini menggunakan teknik non tes yaitu berupa kuesioner (angket). Sampel penelitian ini berjumlah 80 pada siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara emotional quotient dengan sikap toleransi beragama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment sebesar 0,803 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00. maka koefisen korelasi sebesar 0,803 dinyatakan sangat kuat. Selanjutnya r hitung > r tabel (0,803 > 0,217). Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang sangat kuat antara emotional quotient dengan sikap toleransi beragama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Tahun Ajaran 2022/2023.

References

Azzahrah, A.A & Dewi, D.A (2021). Toleransi Pada Warga Negara di Indonesia Berlandaskan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 1(6), 1-6.

Famuji, B., Wibawa, S., & Panjaitan, E. (2023). Peran Guru Pkn Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Selesai. 12 (1), 1-6.

Ghufron, M.N. (2016). Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 4 (1).

Ghorbal, S & Lestari, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Prasangka, dan Kualitas Pertemanan terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Sekolah Berbasis Agama, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 1-14.

Gumelar, A.W. Hubungan Emotional Quotient Dengan Sikap Toleransi Beragama. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hook, J. N. et al. (2016). Intellectual humility and religious tolerance. The Journal of Positive Psychology, 12(1), 29-35

Pujiono, dkk. (2019). Penanaman Nilai Bertoleransi dalam Kehidupan Kebebasan Beragama

Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia

(Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 01(2), 101-122

Rosyad, R.dkk (2021). Toleransi beragama dan harmonisasi sosial. Lekkas.

Safrilsyah & Mauliana. (2015). Sikap Toleransi Beragamadi Kalangan Siswa Sma Di Banda Aceh. Substantia, 17 (1). 103-120

Saraswati, R & Hadiyono, V. (2022). Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. 1 (1), 1-15.

Tohri, A. dkk. (2021). Indeks Toleransi Antarumat Beragama Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10 (3).

Tumanggor, R. O., & Mularsih, H. (2020). Hubungan Spiritual Well-Being dan Kecerdasan Emosi pada Sikap Toleransi Bagi Remaja. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 132–144.

Utami, S.A. dkk, (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Jurnal Psikologi, 5 (1).

Widhayat, W., & Jatiningsih, O.(2018). Sikap Toleransi Antarumat Beragama Pada Siswa Sma Muhammadiyah 4 Porong. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 06(02), 596 – 610.

Wulandari. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Jurnal Unismuh, 2 (1)

Zahra, N.S., & Al Qadri, A.R. (2022). Konsep Toleransi Beragama Pada Remaja Suku Bugis Makassar. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya. 5 (1), 23-34.

Downloads

Published

2023-10-26 — Updated on 2024-01-30

Versions