PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SD ISLAMIYAH DI MASA COVID-19 KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan handphone (HP) terhadap kreativitas belajar dan pengaruh yang dimaksud di sini adalah pengaruh negatif dari penggunaan alat komunikasi handphone. Populasi yang ada di SD Islamiyah Kabupaten Deli Serdang ini terdapat 228 siswa, sehingga untuk menyederhanakannya peneliti menggunakan tekhnik sampling sehingga sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan “metode product moment yaitu metode yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, dan angket atau kuesioner. Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment didapat rhitung, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SD Islamiyah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021, dan dari hasil perhitungan di peroleh bahwa thitung lebih besar dari r tabel atau 2,26 > 2,17 sehingga hipotesis alternative Ha = “diterima” dan hipotesis nihil Ho = “ditolak”.References
Ferismayanti. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Lampung: LPMP Lampung.
Munandar, Utami. 2013. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta,. Rineka Cipta.
Sitepu, Dewi Rulia. 2021. Motivasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA YPIS Maju Binjai Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Serunai Matematika, Vol 13 No. 2.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Saifuddin, Azwar . 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Cet. Ke-8.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Versions
- 2024-02-13 (2)
- 2023-10-26 (1)