PENGARUH BIMBINGANKELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMKS-PP SWASTA PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hadi Widodo MA

Abstract


Penelitian ini dilaksankan di SMKS Swasta PP Putra Jaya Stabat tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap konsep diri positif siswa di SMKS Swasta Putra Jaya Stabat.

Sampel yang digunakan berjumlah 32 siswa kelas XI yang terbagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan konsep diri sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok pada siswa SMKS Swasta PP Putra Jaya Stabat  yang ditunjukkan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,798 > 2,131) pada signifikansi 5%, Dengan demikian hipotesis yang terdapat pengaruh antara bimbingan kelompok terhadap perkembangan konsep diri positif siswa di SMKS Swasta Putra Jaya Stabat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil postest eksperimen lebih besar daripada postest kontrol. Semakin sering dan aktif dalam melakukan bimbingan kelompok maka semakin meningkat konsep diri positif siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustiani, Psikologi perkembangan pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri , Bandung : PT.Refika Aditama, 2006

Ahmad Juntik, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung : Refika Aditama, 2009

Dewa Ketut Sukardi, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta, 2000

Siti Hartnah, Bimbingan Kelompok, Bandung : PT. Refika Aditaama, 2009

Prayitno, Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta : Rineka Cipta, 1994

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010

Suharsimi Arikunto, 2000, Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2000

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian , Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Walgito, Bimo , Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Yogyakarta : Andi, 2004




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbk.v8i1.117

Refbacks