Bimbingan Kelompok, Konsep diri positif
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v8i1.118Abstract
Permasalahan  yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang hubungan profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa di kelas X SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa kelas X SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas X yang berjumlah 353 orang siswa yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 orang siswa yang terdapat dalam satu kelas. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional. Alasan peneliti menggunakan korelasional dalam penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara kedua variabel. Dalam penelitian diajukanlah hipotesis penelitian sebagai berikut: Ada hubungan antara profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa kelas X SMK Negeri 1 Binjai tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil perhitungan  sebesar 0,734 sedangkan pada  pada taraf 5% sebesar 0,334. Dapat disimpulkan bahwa nilai  >  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada hubungan antara profesi orang tua dengan pengembangan karier siswa kelas X SMK Negeri 1 Binjai tahun pelajaran 2017/2018.References
Agustiani, Psikologi perkembangan pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri , Bandung : PT.Refika Aditama, 2006
Ahmad Juntik, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung : Refika Aditama, 2009
Dewa Ketut Sukardi, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta : Rineka Cipta, 2000
Siti Hartnah, Bimbingan Kelompok, Bandung : PT. Refika Aditaama, 2009
Prayitno, Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta : Rineka Cipta, 1994
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010
Suharsimi Arikunto, 2000, Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2000
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian , Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Walgito, Bimo , Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Yogyakarta : Andi, 2004