PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP SELF LEADERSHIP PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 STABAT

Authors

  • nurul hasanah STKIP BUDIDAYA
  • Luthfiyyah Shiyam Khair STKIP Budidaya
  • Khairina Afni STKIP Budidaya
  • Khairina Afni STKIP Budidaya

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Self Leadership, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Self Leadership Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Stabat. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitaf Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji regresi sederhana diperoleh F- 0,760 < 0,05 kemudian berdasarkan hasil uji Anova menunjukkan nilai sig. (0.366) karena nilai sig (0,00) <α  (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara komunikasi interpersonal (X) dan self leadership (Y) secara bersama-sama. Artinya ada pengaruh antara komunikasi interpersonal terhadap self leadership pada siswa di SMA Negeri 1 Stabat.

References

Anzani, D., Panjaitan, I. R., Harahap, I., & (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Anak di Kelurahan Suka Raja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 105–112.

Farida, S. I., & Anjani, S. R. (N.D.). Menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada mahasiswa di lingkungan universitas pamulang. Jurnal ilmiah ilmu manajemen, 1–20.

Fariza, M. N., Farid, M., & Bahfiarti, T. (2017). Warisan nilai-nilai gender dalam suku bugis (peran komunikasi interpersonal dalam keluarga ). Jurnal ilmu komunikasi kareba, 6(2), 309–314.

Fensi, F. (2013). Membangun Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan. Vol.1 No.1

Hartono, D. K., & Sari, W. P. (N.D.). Komunikasi interpersonal anak dan orangtua yang berbeda agama. 4(1), 147–154.

Hasanah, N., Afni, K., Mardiati, & Sitepu, D. R. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Self Leadership Pada Siswa Pada Siswa Kelas IX di MA PP Daarut Thalibiin Desa Kota Datar Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdan. 9(4), 492–497.

Iqra, D.I. (2018). Pengaruh komunikasi produktif orang tua terhadap perkembangan emosi anak. Jurnal pustaka komunikasi. 1 (2), 238–245.

Mulyono, F. (2012). Self-leadership : sebuah pendekatan. 16(1), 35–49.

Oktari, A. T. (2021). Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam proses belajar metode daring selama pandemi covid-19 (studi pada anak, taman kanak-kanak (tk) kartisa kel. Sukajadi, kec. Talang kelapa, kab. Banyuasin). Islam negeri raden fatah palembang.

Roem, E. R. (2019). Komunikasi Interpersonal. Malang.CV.IRDH

Vladimir.,S, & Hendrati, F. (2015). Perbedaan komunikasi interpersonal anak- orangtua ditinjau dari keharmonisan perkawinan orang tua. Jurnal psikologi tabularasa, 10(2), 145–153.

Yudiaatmaja, M. (2021). Peningkatan self leadership dalam merencanakan karir melalui layanan informasi daring model cooperative learning. Ideguru : jurnal karya ilmiah guru, 6(2), 199–206.

Downloads

Published

2024-03-30 — Updated on 2024-08-20

Versions