GAMBARAN BERNALAR KRITIS DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SISWA SMP NEGERI 3 SALAPIAN

Authors

  • sari wardani simarmata

Keywords:

Bernalar Kritis, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bernalar kritis dalam profil pelajar Pancasila pada implementasi kurikulum merdeka siswa SMP Negeri 3 Salapian. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang siswa SMP Negeri 3 Salapian Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket bernalar kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran bernalar kritis siswa pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam implementasi kurikulum merdeka masih tergolong rendah. Pada indikator memperoleh dan memproses informasi dan gagasan hanya mencapai nilai rata-rata sebesar 19,76 (49,39%) dengan kategori rendah. Pada indikator menganalisis dan mengevaluasi penalaran hanya mencapai nilai rata-rata sebesar 19,56 (48,89%) dengan kategori rendah. Pada indikator merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambilan keputusan mencapai nilai rata-rata sebesar 20,22 (50,56%) dengan kategori rendah. Kemudian nilai rata-rata bernalar kritis siswa pada semua indikator atau secara keseluruhan adalah sebesar 59,53 (49,61%) maka kategori bernalar kritis siswa secara keseluruhan berada pada kategori rendah.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, Vol 6 (1).

Agustina, R. dkk. (2020). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Akmalia, R. (2022) Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 5 (1).

Aulia, R., & Hasanah, N. (2020). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Kelas VII Mts Budaya Langkat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, Vol. 9(1).

Azzahra, F. (2022). Approaches and models development of 2013 Curriculum and Merdeka Curriculum. Jurnal of Curriculum Development, Vol. 1 (2).

Dores, S. Jiran, O., Wibowo, D. & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat, Vol. 2 (2).

Harahap, I. P. S., Angin, A. P., & Hasanah, N. (2019). Hubungan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Yayasan Pendidikan Esa Prakarsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 8 (2).

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemdikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.

Latif, dkk. (2019). The Application Of Critical Thinking In Accounting Education: A Literature Review. Jurnal of Higher Education, Vol. 8 (3).

Novitasari, Y. (2016). Bimbingan dan Konseling Belajar Akademik. Bandung: Alfabeta.

Priadana, S., dan Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.

Rachmawati, D. L. dkk. (2023). Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Bahasa Inggris Bisnis. Jurnal Pengabdian Mandiri Vol. 2 (1).

Rusnaini, R., dkk (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional Vol. 27(2).

Santika, I. G. N. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and development Vol. 10 (3).

Simarmata, S. W., Nengsih, N., Harahap, A. C. P., & Batubara, A. (2022). Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Perspektif Academic Burnout. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).

Simorangkir, F. D., Simarmata, S. W., & Sembiring, M. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Resiliensi Akademik Siswa Di Smp Tamansiswa Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, Vol. 11(1).

Sumargono, S., dkk (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 (1).

Triansyah, F. A. dkk. (2023). Fokus Penelitian Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Simki Pedagogia, 6 (1).

Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 (2).

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Manajemen, Vol. 5 (1).

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2024-03-30