DAMPAK PELATIHAN EMPATI TERHADAP PERSEPSI ANTI BULLYING PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v13i2.1438Keywords:
Pelatihan, Empati, Persepsi Anti-BullyingAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dampak pelatihan empati terhadap persepsi anti-bullying di kalangan siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Metode yang digunakan yaitu penelitian pre-eksperimen menggunakan desain pre test dan post test. Penelitian memiliki subjek yang terdiri dari 30 orang siswa pada kelas XI-2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis uji paired sampel t test yaitu menunjukkan t hitung sebesar 5,573, yang lebih dibanding t tabel yang bernilai 1,697 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pada penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan empati memberikan dampak positif terhadap persepsi anti-bullying siswa di SMA Negeri 1 Hamparan Perak.References
Andriyani L. (2013). Peningkatan Kesadaran Anti Bullying Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Muntilan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Baron, R.A., Byrne, D., Branscombe, R.N.
(2005). Social Psychology (11th Ed).
USA: Allyn & Bacon
Bimantoko I, Hawadini L, & Hartanti. (2020).
Efektivitas Pelatihan Empati Untuk
Meningkatkan Perilaku Anti Bullying
Pada Siswa SMPN X Surabaya.
Surabaya : Ristekdik
Dina, R. (2022). Implementasi Layanan
Konsultasi Dalam Megurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik. Malang. Al-Isyrof Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol 4, No 1 Hal 1-11
Efan Y W. (2017). Pelatihan Empati Untuk Meningkatkan Sikap Anti Bullying Pada Siswa Bystander SMP X Surabaya. Surabaya : Jurnal Kesehatan dan Sains
Herly, dkk. (2019). Pelatihan meningkatkan
Empati Melalui Psikoedukasi Kepada Pelaku Bullying Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Bullying di Sekolah Menengah Pertama. Bandung : Universitas Padjadjaran
Ketua DPR RI, Puan M. (2023). Pemerintah
Harus Petakan Faktor Penyebab
Bullying Anak. Jakarta : Dewan
Perwakilan Rakyat RI
Muzdalifah M, M. Ridwan SA, Zainal A.
(2022). Perilaku Bullying di SMA
Negeri 1 Maros. Makasar : Pinisi
Journal Of Sociology Education
Review
N Hasanah & K Afni. (2020). Dampak Pelatihan Assertive Communication Terhadap Penurunan Workplace Bullying Pada TenagaPengajar
Pada Perguruan Tinggi di Kota
Binjai. Medan : Jurnal Education and Development.
Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Pipih M, Fatwa T. (2019). Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Perilaku Bullying.
Yogyakarta : Jurnal Psikologi
Terapan dan Pendidikan.
Rigby, Ken. (2003). Consequences of
Bullying in Schools. Canadian
Journal of Psychiatry.
Sela S, Abu B, Nurbaity B. (2023). Persepsi dan Pengalaman Siswa SMA Negeri 1 Kluet Timur Mengenai Bullying. Padang : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif danR&D. Bandung: PT Alfabet.
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-28 (2)
- 2024-11-19 (1)