DAMPAK PELATIHAN EMPATI TERHADAP PERSEPSI ANTI BULLYING PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK

Authors

  • Risma Dina
  • Azizah Batubara
  • Khairina Afni
  • Dinda Fadillah Rismaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v13i2.1438

Keywords:

Pelatihan, Empati, Persepsi Anti-Bullying

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dampak pelatihan empati terhadap persepsi anti-bullying di kalangan siswa SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Metode yang digunakan yaitu penelitian pre-eksperimen menggunakan desain pre test dan post test. Penelitian memiliki subjek yang terdiri dari 30 orang siswa pada kelas XI-2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis uji paired sampel t test yaitu menunjukkan t hitung sebesar 5,573, yang lebih dibanding t tabel yang bernilai 1,697 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pada penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan empati memberikan dampak positif terhadap persepsi anti-bullying siswa di SMA Negeri 1 Hamparan Perak.  

References

Andriyani L. (2013). Peningkatan Kesadaran Anti Bullying Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Muntilan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Baron, R.A., Byrne, D., Branscombe, R.N.

(2005). Social Psychology (11th Ed).

USA: Allyn & Bacon

Bimantoko I, Hawadini L, & Hartanti. (2020).

Efektivitas Pelatihan Empati Untuk

Meningkatkan Perilaku Anti Bullying

Pada Siswa SMPN X Surabaya.

Surabaya : Ristekdik

Dina, R. (2022). Implementasi Layanan

Konsultasi Dalam Megurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik. Malang. Al-Isyrof Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol 4, No 1 Hal 1-11

Efan Y W. (2017). Pelatihan Empati Untuk Meningkatkan Sikap Anti Bullying Pada Siswa Bystander SMP X Surabaya. Surabaya : Jurnal Kesehatan dan Sains

Herly, dkk. (2019). Pelatihan meningkatkan

Empati Melalui Psikoedukasi Kepada Pelaku Bullying Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Bullying di Sekolah Menengah Pertama. Bandung : Universitas Padjadjaran

Ketua DPR RI, Puan M. (2023). Pemerintah

Harus Petakan Faktor Penyebab

Bullying Anak. Jakarta : Dewan

Perwakilan Rakyat RI

Muzdalifah M, M. Ridwan SA, Zainal A.

(2022). Perilaku Bullying di SMA

Negeri 1 Maros. Makasar : Pinisi

Journal Of Sociology Education

Review

N Hasanah & K Afni. (2020). Dampak Pelatihan Assertive Communication Terhadap Penurunan Workplace Bullying Pada TenagaPengajar

Pada Perguruan Tinggi di Kota

Binjai. Medan : Jurnal Education and Development.

Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

Pipih M, Fatwa T. (2019). Faktor-faktor Yang

Mempengaruhi Perilaku Bullying.

Yogyakarta : Jurnal Psikologi

Terapan dan Pendidikan.

Rigby, Ken. (2003). Consequences of

Bullying in Schools. Canadian

Journal of Psychiatry.

Sela S, Abu B, Nurbaity B. (2023). Persepsi dan Pengalaman Siswa SMA Negeri 1 Kluet Timur Mengenai Bullying. Padang : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif danR&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

2024-11-19 — Updated on 2025-01-28

Versions