HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABALAN
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v13i2.1470Keywords:
Perilaku Bertanggung Jawab, Prokrastinasi AkademikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku bertanggung jawab dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sample penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala linkert pada variabel bertanggung jawab dan variable prokrastinasi akademik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara perilaku bertanggung jawab dengan prokrastinasi akademik sebesar 72%. Kata Kunci : Perilaku Bertanggung Jawab, Prokrastinasi AkademikReferences
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.
Batubara, A., Irwan, dan Suci Ayu Lestari. (2022). “Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta PAB 5 Klumpang Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, Vol. 11 (1).
Darwis, A. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep, Strategi, dan Implementasi Komprehensif. Banyumas: Pena Persada.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dharma, A. M. (2020). “Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Dharma Acarya”. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, Vol. 6 (1).
Fatimaullah. (2019). “Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Bening, Vol. 3 (1).
Ghufron, N. dan Risnawita, R. (2019). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, A. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.
Juwita, R. (2019). “Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi”. Jurnal Utile, Vol. 5 (2).
Kohar, F. Y (2017). “Hubungan Rasa Tanggung Jawab Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi”. Thesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Nainggolan, N.E.W. (2018). “Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa”. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Nofianti, I. (2017). “Pemerolehan Nilai-Nilai Tanggung Jawab Siswa Kelas XI Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gelumbang)”. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Vol. 3 (1).
Nurlina. (2022). “Perbedaan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Yang Tinggal di Kos Dengan Yang Tinggal di Rumah Pada SMK Abdurrab Pekanbaru”. Jurnal Research & Learning in Primary Education, Vol. 4 (2).
Purbayu dan Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Ramadhan, R.P. (2016). “Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 (1).
Rusmaini. (2021). “Mengatasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6 (1).
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Swastika, G.M dan Endang Prastuti. (2021). “Perbedaan Regulasi Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin dan Rentang Usia pada Remaja dengan Orangtua Bercerai”. Jurnal Psikologika, Vol. 26 (1).
Zega, M.R.B. (2022). “Faktor Penyebab dan Upaya Mengatasi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Bulletin of Counseling and Psychotherapy, Vol 4 (1).
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-28 (2)
- 2024-11-19 (1)