KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI DI MAS SABILAL AKHYAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v13i2.1472Keywords:
dedekmuhazir2@gmail.comAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kematangan karir siswa MAS Sabilal Akhyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan karir siswa Kelas XI MAS Sabilal Akhyar di tinjau dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Sabilal Akhyar sebanyak 37 orang siswa, Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Kematangan Karir Siswa MAS Sabilal Akhyar dengan reliabilitas 0,896. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan rumus independent sample t test. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa nilai koefisien signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,896 atau > 0,05 yang menandakan bahwa data bersifat homogen. Secara lebih rinci dijelaskan nilai Sigh. (2 tailed) yang didapatkan sebesar 0,197 atau > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa H1 diterima, atau dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kematangan karir siswa laki-laki dan siswa perempuan di MAS Sabilal Akhyar. Dimana kematangan karir siswa laki-laki lebih baik dibandingkan siswa perempuan dilihat dari perolehan skor rata-rata siswa laki-laki sebesar 110,4 sedangkan skor rata-rata perempuan sebesar 100,2. Kata Kunci: Kematangan Karir, Jenis Kelamin, Laki-Laki dan Perempuan.References
DAFTAR PUSTAKA
Afdal. 2017. Teori Konseling Karir: Pengantar dan Aplikasi. Padang: Sukabina Press.
Aji, Galih Setyo. (2019). Pengaruh Kematangan Karir Terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(9), 647-658.
Anggriana, T. M. (2016). Hubungan Locus Of Control dan Persepsi Peran Jenis Kelamin dengan Keputusan Pemilihan Karier Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Semarang. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 34-47.
Dhillon, U., & Kaur, R. (2005). Career Maturity of School Children. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 31(1), 71-72.
Greenbank, P., Hepworth, S., & Mercer, J. (2009). Term-time Employment and the Student Experience. Education and Training, 51(1), 43-55.
Hasanah, N., Tartiyoso, S., & Azhari, A. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Peningkatan Pemahaman Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XI Jurusan TSM di Smk Swasta Sri Wampu. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(2), 129-136.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20.
Juwitaningrum, Ita. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA: Jumal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.
Lisriani, R., Muhazir., Mardiati. (2022). Hubungan Pengalaman Praktik Lapangandengan Kesiapan Kerja Mahasiswa Semester VIII STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8 (2) 187-194.
Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan Adaptabilitas Karir ditinjau dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). Journal Empathy, 3(1), 31-41.
Marpaung, D. N., & Yulandari, N. (2017). Kematangan Karir Siswa SMU Banda Aceh Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenis Sekolah. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(2), 311-324.
Muhazir. (2019). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kesiapan Kerja Siswa di SMK Nusatama Padang Serta Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 8(1), 85-94.
Muhazir., & Syahputri, A. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9(2), 47-53.
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. 2008. Human Development (Terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group.
Prahesty, I. D., & Mulyana, O. P. (2013). Perbedaan Kematangan Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah. Character, 2(1), 1-7
Pratama, B. D., & Suharnan. (2014). Hubungan antara Konsep Diri dan Internal Locus of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(3), 213-222.
Rahmi, F., & Puspasari, D. (2017). Kematangan Karir Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Jenis Sekolah di Kota Padang. Jurnal RAP: Riset Aktual Psikologi, 8(1), 24-34.
Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. (2016). Kematangan Karier Siswa SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jurusan. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 13(2), 112-121.
Santrock, J. W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja (S. B. Adelar & S. Saragih (Edisi 6)). Jakarta: Erlangga.
Sugiyarlin & Supriatna, M. (2019). Adolescent’s Career Maturity. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 399(1), 232-235.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulkaida, A. dkk. (2007). Pengaruh Locus Of Control dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil), 2(1), 21-22.6
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-28 (2)
- 2024-11-19 (1)