MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PENYALURAN KEBUTUHAN “PENGHARGAAN” DIRI GEN-Z MENURUT TEORI ABRAHAM MASLOW

Authors

  • Fatmawati Sitepu STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v13i2.1473

Keywords:

Keywords: Social Media, Self Esteem Needs, Gen-Z

Abstract

ABSTRAK   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menurut teori Abraham maslow terkait penyaluran kebutuhan penghargaan diri gen-z melalui media sosial?, apakah media sosial merupakan sarana yang sesuai untuk menyalurkan kebutuhan penghargaan diri gen-z?, apa dampak penyaluran kebutuhan akan penghargaan diri gen-z melalui media social?. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur yaitu dengan mempelajari literatur, jurnal jurnal ilmiah, prosiding yang mempunyai kaitan erat dgn masalah yang diteliti. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) media sosial dapat menjadi alternatif penyaluran kebutuhan akan penghargaan diri Gen Z, 2) media sosial menjadi sarana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan penghargaan diri Gen Z, 3) dampak penyaluran kebutuhan Gen Z melalui media sosial menjadi sebuah sarana yang efektif dan efisien dalam penyaluran kebutuhannya dan pengakuan atas dirinya tidak terhalang waktu, tempat serta biaya yang mahal.   Kata kunci: Media Sosial, Kebutuhan Penghargaan Diri, Gen Z   ABSTRACT   The aim of this research is to find out what according to Abraham Maslow's theory relates to channeling the self-esteem needs of Gen-Z through social media? Is social media an appropriate means for channeling the self-esteem needs of Gen-Z via social media? This type of research is literature study research, namely by studying literature, scientific journals, proceedings that are closely related to the problem being studied. The type of data used is secondary data. The results of this research show that 1) social media can be an alternative channel for Gen Z's need for self-esteem, 2) social media is an appropriate means to fulfill Gen Z's need for self-esteem, 3) the impact of channeling Gen Z's needs through social media is an effective means effective and efficient in channeling their needs and recognizing themselves without being hindered by time, place or expensive costs.  

References

Kim, A., McInerney, P., Smith, T.R., Yamakawa, N. 2020. What Makes Asia-Pasific’s Generation Z Different? McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/business-functions/marketing-and-sales/ourinsights/what-makes-asia-pacifics-generation-z-different.

Rafiq, A. 2020. Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Masyarakat. Global Komunika. Vol 1. No. 1.

Sari, Elisa & Rina Dwiarti. 2018. Pendekatan Hierari Abraham Maslow pada Prestasi Kerja Karyawan PT. Madubaru (PG MADUKISMO) Yogyakarta. Jurnal JPSB. Vol 6. No. 1.

Downloads

Published

2024-11-19 — Updated on 2025-01-28

Versions