ANALISIS PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA

Risma Dina

Abstract


Penelitian tentang Profil Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa Kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta merumuskan profil kelompok siswa dalam sepuluh aspek perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai pencapaian tugas perkembangan pada siswa kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 siswa kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta.  Teknik yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data tentang profil pencapaian tugas perkembangan adalah Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dengan menggunakan software ATP versi 3.5.6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perkembangan siswa kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta berada pada tingkat konformistik dengan rata-rata tingkat perkembangan 3,12, simpangan baku 0,10, dan koefisien variansi 3,25%. Maka dari itu perlu adanya bantuan  khusus kepada siswa agar siswa mencapai perkembangan yang ideal yaitu pada tingkat perkembangan sadar diri.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.279

Refbacks