PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK SYMBOLIC MODEL TERHADAP HARGA DIRI SISWA MTsS AR RAHMAN

San Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan unutk melihat apakah ada pengaruh layanan informasi teknik symbolic model terhadap harga diri siswa MTsS Ar Rahman tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTsS Ar Rahman yang berjumlah 120 orang siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa yang memiliki ciri-ciri harga diri rendah yang ditentukan melalui purposive sampling dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan informasi teknik symbolic model diperoleh nilai rata-rata pre-test = 60,7 dan Standart Deviasi = 3,07, sedangkan sesudah diberikan layanan informasi teknik symbolic model diperoleh nilai rata-rata post-test = 91,86 dan Standart Deviasi = 2,17. Dengan demikian pemberian layanan informasi teknik symbolic model berpengaruh terhadap peningkatan harga diri siswa MTsS Ar Rahman tahun ajaran 2019/2020. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 57,83 > 2,042 artinya terdapat pengaruh dari pemberian layanan informasi teknik symbolic model terhadap harga diri siswa MTsS Ar Rahman tahun ajaran 2019/2020 dapat diterima.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.280

Refbacks