HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMK TUNAS PELITA BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v10i1.368Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK Tunas Pelita Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitiatif, dengan mengambil sampel sejumlah 22 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri pada siswa kelas X SMK Tunas Pelita Binjai tergolong baik dengan persentase 71,52%. Penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK Tunas Pelita Binjai berada pada klasifikasi baik, dengan persentase jawaban responden 67,30%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai r hitung > nilai r tabel yaitu 0,999 > 0,422 sehinga terdapat hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Tunas Pelita Binjai Tahun ajaran 2020/2021 dengan tingkat hubungan yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.References
Calhoun dan Acocella. 1995. Psychology of Adjustment and Human Relationship 3rd Edition. New York : Mac Graw-Hill. Inc.
Desmita 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Fahmi, Musthafa. 1977, Kesehatan Jiwa dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jilid I. Alih Bahasa Zakiah Daradjat. Jakarta: Bulan Bintang.
Ghufron & Rini 2016.Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA.
Gunarsa, 1981, Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Schneiders, A.A. 1984 Personal Adjustmen and Mental Health. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Siswanto, 2016, Kesehatan Mental Konsep Cakupan dan Perkembangannya, Yogyakarta : Andi.
Sugiyono, 2010, Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta.
Yasinta Ajeng H.2007. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Di Sekolah Pada Siswa Kelas X SMU 2 Bantul Yogyakarta. Skripsi.
Yogyakarta. Jurusan Psikologi Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.