PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 2 BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v10i1.369Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Bimbingan Pribadi Sosial Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi berjumlah 318, terdiri dari 11 kelas yang masing-masing terdiri dari 31-32 orang siswa. Berdasarkan pendapat Sugiyono, maka sampel yang diambil yang menjadi sampel adalah 20 orang siswa dengan menggunakan simple random sampling  yaitu pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di populasi itu. Instrumen yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket pada seluruh sampel sebagai bahan masukan untuk mengetahui situasi yang sebenarnya di kelas VIII SMP Negeri 2 Binjai, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Dari hasil kolerasi yang besarnya 111,30>80,3 maka data tersebut dikatakan valid. Maka dari itu Ha = diterima dan Ho = ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Bimbingan Pribadi Sosial Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII Pada SMP Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 dan saran penulis bagi pihak sekolah terutama konselor sekolah untuk menindak lanjuti dan meningkatkan proses bimbingan pribadi sosial sesuai dengan kebutuhan siswa.References
Calhoun, J. F. Dan Acocella, J. R. 2016. Psikologi Tentang Penyesuaian Dan bungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press
Hurlock, Elizabeth B . (2018). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Mappriare, Andi. 2016. Kamus Istlah Konseling dan Terapi. (Jakarta: PT Raja Grafindo)
Winkel, W.S. Bimbingan dan Konseling di Indtitusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia, 2016.
Yusuf, Syamsu LN & Nurihsan, A. Juntika. (2018). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prayitno, 2017. Wawasan Profesioal Konseling. (Padang : UNP Press
Rahmad, Jalaludin. 2017. Psikolologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S. 2006. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta. Gramedia.