PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENERIMAAN SOSIAL REMAJA DI LINGKUNGAN II KELURAHAN TANAH TINGGI KECAMATAN BINJAI TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v10i1.372Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap penerimaan sosial remaja di lingkungan II Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 6 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penerimaan sosial. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian diperoleh t hitung = 12,53 pada derajat kemudian dibandingkan dengan t tabel 0,05 = 2,13, ketentuan t hitung ≥ t tabel (12,53 ≥ 2,13). Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu didapat nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (82,66 ≥ 63,33). Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan penerimaan sosial remaja.References
Djannah, Wardatul. 2012. “Bimbingan kelompok teknik sosiodrama Teknik Sosiodrama Meningkatkan Interaksi Sosial Dengan Sebayaâ€. Jurnal. FKIP. Universitas Negeri Surakarta.
Fidyah, Fitri. 2018. “Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Hurlock. 1997. Perkembangan Anak. (Alih bahasa: Med. Meitasari dan Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: PT. Erlangga.
Imanuel Manik. 2017. Hasil Penelitian Tentang Kenakalan Remaja Terhadap Penerimaan Sosial Remaja.
Irawati, Nunung. 2015. “Hubungan Antara Empati Dengan Penerimaan Sosial Siswa Terhadap Siswa ABK Di Kelas Inklusif (SMP N 2 Sewon)â€. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurihsan, Achmad Juntika. 2018. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Romlah Tatiek, 2006, Teori dan Praktek Bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Malang: Penerbit Pt Rajagrafindo Persada.
Simarmata, Sari Wardani. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Broken Home Pada Siswa Kelas X SMK Pabaku kec. Stabat T.A. 2017/2018. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 7, No. 2.
Yusuf, Syamsul dan Nani, M Sugandhi. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Willis, Sofyan S. 2014. Konseling Individual Teori Dan Praktek. Bandung: Alfabeta.