PELAKSANAAN BIMBINGAN KKELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING REMAJA DUSUN IV PAYA KANGKUNG DESA KEPALA SUNGAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v10i2.470Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullying remaja Dusun IV Paya Kangkung Desa Kepala Sungai.Subjek penelitian ini berjumlah 8 remaja. Instrumen yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket pada seluruh subjek sebagai bahan masukan untuk mengetahui situasi yang sebenarnya situasi remaja di Dusun IV Paya Kangkung Desa Kepala Sungai, dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode pre-exsperimentaldesign dan analisis datanya menggunakan Independent Samples Test. Dari hasil analisis Independent Samples Test terdapat perilaku Bullying sebesar 0,004 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 (0,004 < 0,05). Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullying remaja yaitu dengan skor rata-rata pre-test 98,9 berada pada katagori rendah dan skor rata-rata post-test meningkat menjadi 116,62 berada pada katagori tinggi. dan saran penulis Bagi orang tua remaja agar sebisa mungkin selalu memberikan masukan dan pengawasan khususnya dalam keseharian remaja dengan menanamkan kesadaran bahwa semua orang bisa menjadi korban atau malah menjadi pelaku bullying.ÂReferences
Ulifa, Rahma. (2016). Bimbingan Karier Siswa,Malang: Uin-Maliki Press.
Sutikna, Agus (2016). Bimbingan Karir Untuk SMA. Jakarta: Intan Pariwara.
Lestari, Indah. (2017). Jurnal Konseling Gusjigang.Universitas Muria Kudus. Vol. 1, No.1. Hal. 4.
Walgito, Bimo. (2017). Bimbingan Konseling, (Studi Dan Karir). Yogyakarta: Andi Offset.
Prayitno. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel, W.S Dan Sri Hastuti. (2017). Bimbingan Dam Konseling Di Institusi.
Romlah, T. (2018) Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang:UNM
Suharsimi, Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.