PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 STABAT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nurul hasanah STKIP BUDIDAYA
  • Dewi Rulia Sitepu STKIP BUDIDAYA
  • Siti Mainita Dewi Surya STKIP BUDIDAYA
  • Milna Chairunisa Dosen Institute Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i1.544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap semangat belajar siswa di SMP negeri 1 Stabat selama masa pandemi covid-19 . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu murid SMP Negeri 1 Stabat kelas VIII yang berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk tes pada masing masing variabel X dan Y. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh hasil sebesar 0,134 > 0,05 maka data menunjukkan berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji linearitas diperoleh hasil sebesar 0,809 > 0,05 maka variabel tersebut dinyatakan signifikan. Selanjutnya uji hipotesis diperoleh uji regresi sederhana diperoleh hasil 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang postif antara dukungan orangtua ( X) dan semangat mengajar ( Y) secara bersama – sama.

References

Arikunto, Suharsimi, 2009. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Friedman. 2008. Keperawatan Keluarga Teori dan Praktik. Jakarta : EGC.

Hasanah, Nurul, 2019, Pengaruh Antara Persepsi Pola Asuh Demokatris Orang Tua Terhadap Religiusitas Siswa Kelas Xi Tkj Smk Swasta Sri Wampu Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, Binjai: STKIP Budidaya.

Herawati Susilo, et.al., (2020), Lesson Study Berbasis Sekolah†Guru Konservatif Menuju Guru Inovatifâ€, Bayumedia Publishing: Malang

Jaynes, 2004:13 Anak Yang Lahir Memiliki Motivasi Belajar. Malang PT. Duta Mas

Rigianti, Henry Aditya. (2020), Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar Negara. Elementary School. 7(2) : 297-302

Rimbarizki, R. (2017), Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. PLUS UNESA

Sitepu, Dewi Rulia, 2021, Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Padang Tualang. Jurnal Serunai Matematika, Binjai: STKIP Budidaya.

Sitepu, Dewi Rulia, 2021, Motivasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA YPIS Maju Binjai Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Serunai Matematika, Binjai: STKIP Budidaya.

Usmany, dan Engko, 2020, JAK Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses.

World Health Organization, Adolescent Health (2020) diakses 11 Maret 2020, https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolescent-health.

Downloads

Published

2022-03-15