PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI

Authors

  • Lina Martiana
  • Azizah Batubara
  • Sri Ulina Beru Ginting
  • Risma Dina

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i1.545

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa kelas XI SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner teman sebaya dan kuesioner prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Teman sebaya, siswa yang menjadi Sampel penelitian ini, 92 siswa (92%) berada pada kategori sedang, 6 siswa (6%) berada pada kategori tinggi, dan 2 siswa (2%) berada pada kategori rendah. Dari data yang diperoleh pada variabel prokrastinasi akademik diketahui bahwa 92 siswa (92%) berada pada kategori sedang, 7 siswa (7%) berada pada kategori tinggi, dan 1 siswa (1%) berada pada kategori rendah. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa fhitung 507,410) > F table (3,94) dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan jumlah N=100. Interpretasi tingkat hubungan terhadap harga koefisien korelasi kedua variabel tersebut menunjukkan tingkat hubungan yang agak rendah. Hasil-hasil yang dicapai ini mengindikasikan adanya pengaruh signifikan dan menunjukkan bahwa semakin tinggi pengaruh teman sebaya maka semakin tinggi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMK Swasta Tunas Pelita Binjai.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bimo Walgito. (2010).Bimbingan Konseling Studi & Karir. Yogyakarta: CV Andi Offset

Ferrari, J. R., Jonhson, J. L., & McCown, W. G. (2007). Procrastination and task avoidance – theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Fitriah, U. N. (2018). Hubungan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah (Skripsi). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ginna,M. (2006). Remaja kelompok sebaya. http:/www. Pikiran-pikiranrakyat.com/cetak/2006/05/hikmah/lain04.htm

http://www.pikiranpikiranrakyat.com/cetak/2006/05/hikmah/lain04.htm.

Gunawinata, V.A.R. Preferiksionisme, dkk. (2008). Prokrastinasi Akademik dan Penyesuaian skripsi mahasiswa. Anima, Indonesia Psychological journal, Vol.23 No.3, 256-276

Heraswati Widyari.(2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP. Skripsi. Universitas Gunadarma. Depok

Lestaringsih, W.S. (2007). Prokrastinasi Akademik

Mikael Rio Jatikusumo. (2018). Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rangkuti, A. A. (2015). Statistika able le c dan non-parametrik untuk psikologi dan pendidikan. Jakarta: FIP Press.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi penelitian – pendekatan praktis dalam penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Santrock, J. W.(2007). Adolescence (perkembangan remaja) (6th ed.). (S. B. Adelar, & S. Saragih, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Sarwono (2006). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Setiawan. (2008). Hubungan antara kemampuan mengelola waktu dan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Kristoforus 1 Jemabar T.A. 2018/2019. Vo.18. No.2

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-15