PENGARUH POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBINA RAPPORT SISWA DI SMA PELITA BULU CINA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Dinda Wahyu Pransiska STKIP BUDIDAYA
  • Sari Wardani Simarmata
  • Khairina Afni

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i1.546

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap kemampuan membina rapport siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Pelita Bulu Cina Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes yaitu berupa angket. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil regresi linier sederhana diperoleh nilai sebesar 0,062 yaitu 6,2% artinya tidak ada pengaruh antara pola asuh otoriter orang tua terhadap kemampuan membina rapport siswa di SMA Pelita Bulu Cina Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Adawiyah, R. (2007). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikainya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1) : 1-35.

Dianda, A. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Jurnal Psikologi. 1(1): 1-117.

Erawati. M. (2016). Pembentukkan Rapport Di Kelas: Analisis Psikologi. Psikohumsniora. Jurnal penelitian psikologi, 1 (1): 1-79.

Fitriyani, P. & Utami, C. F. (2019). Pengaruh pola asuh demokratis terhadap perkembangan sosial remaja. 3 (1): 65-71.

Marwan, S. & Pasrizal. H (2019) Manajemen Pemenuhan Kebutuhan Anak Dikeluarga Dalam Perspektif Gender. Jurnal Agenda. 1 (2): 1-69.

Nurihsan, A. J & Agustin. M (2016). “Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Novianty. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Remaja Madya. 9 (1):1-19.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17 (1):1-25.

Simarmata, S. W dkk (2017). Kontribusi Konsep Diri Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membina Rapport Dengan Teman Sebaya Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 29 Padang. Jurnal Al-Irsyad, 1 (7): 78-95.

Utami, A. C. N & Santoso.(2019). Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial”, 2 (1):1-158.

Whardani, D. A. C. (2015). Penyesuaian Sosial Pada Siswa Akseleraasi. Naskah Publikasi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widyastuti, D. A.,dkk (2020). Hubungan Antara Empati Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI SMK PIRI Yogyakarta. Jurnal Psikologi Sosial, 3 (1): 1-9.

Willis, S. S (2010). Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuliani, H, dkk (2016). Kontribusi perilaku asertif terhadap penyesuaian sosial (suatu penelitian di man kota banda aceh ). Jurnal ilmiah mhsiswa bimbingan dan konseling FKIP Unsyiah, 1(1): 14.

Downloads

Published

2022-03-15