Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Evaluasi Program Manajemen BK Upaya Meningkatkan Mutu Belajar siswa SMAN 1 Tanjung Tiram

Authors

  • putri wanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v12i1.613

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam bimbingan dan konseling di SMA N 1  Tanjung Tiram . Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan menggali data, kemudian menganalisis data mengumpulkan dan dianalisis, selanjutnya merumuskan masalah. Menentukan rumusan masalah berdasarkan tingkatan kelas dan menentukan strategi pemecahan masalah serta pengembangannya yaitu menentukan metode, waktu, sarana dan prasaranaMetode Penelitian bersifat deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan perencanaan manajemen layanan dilakukan secara maksimal, pengorganisasian manajemen dilakukan dengan menentukan layanan dan bidang-bidang bimbingan, pembagian kerja. Penggerakan manajemen bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan cara komunikasi secara intensif. Pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung baik berupa lisan maupun tulisan.Dari hasil wawancara, dan pengamatan, pelaksanaan manajemen layanan bimbingan konseling berjalan efektif dan mampu meningkatkan mutu belajar peserta didik.Kata kunci:perencanaan, pengorganisasian, pelaksaan, manajemen bimbingan konseling, mutu belajar

References

Fatah, Nanang. (2006) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. (2001). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan, Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Galia Indonesia.

Hasibuan, Malayu. (2001). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hazrati, Rima. (2016). Pengaruh Media Dalam Layanan bimbingan Kelompok Terhadap Pengaturan Diri Siswa Kelas XI di SMAN 56 Jakarta.Insight Jurnal.Vol 5 No. 1.

H. Kamaludin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011

Karina, Windi. (2017). Layanan BK di Sekolah Islam dan Sekolah Katolik (Studi Komparative Pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP Stella Duce I Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 14, No. 2, Desember 2017

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar.(2003). Merambah Manajemen Baru Pendidikan Tinggi Islam. Jakarta: Mizaka Ghaliza.

Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grafindo.

Prayitno dan Eman Amti.(2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanti, S., Sugiyo., Tajri, I.,(2012). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Fun Game untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 1.No.2.

Sagala, Saiful.(2007). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryobrota, Sumadi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-05-23