MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v6i4.63Abstract
Pendidikan formal sebagai penyelenggara pendidikan yang telah diatur dalam undang-undang sistem pendidikan nasional berfungsi sebagai wadah bagi setiap individu Indonesia untuk dapat secara aktif mengembangkan fotensi dirinya untuk memiliki kecerdasan, kemandirian, pengendalian diri, akhlak mulia, dan keterampilan yang berguna bagi dirinya, masarakat bangsa dan negara. Dalam penelitian ini secara subtansi digunakan untuk menguraikan, menggambarkan, menggali serta mendiskripsikan tentang manajemen BK di SMA MELATI Binjai. Jenis penelitian lapangan adalah (field research) dengan pengamatan dan mencari data secara langsung ke lokasi dan objek yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menempatkan peneliti sebagai instrumen utama dan penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Maksud penilaian adalah segala upaya, tindakan atau proses untuk menentukan derajat kualitas kemajuan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan dengan mengacu pada kriteria atau patokan-patokan tertentu sesuai dengan program bimbingan yang dilaksanakan.Kriteria/patokan yang dipakai untuk menilai keberhasilan pelaksanaan program pelayanan bimbingan dan konseling mengacu pada ketercapaian kompetensi, keterpenuhan kebutuhan-kebutuhan siswa dan pihak-pihak yang terkait langsuung maupuan tidak langsung yang berperan membantu siswa memperoleh perubahan secara keseluruhan dan partisipasi ke arah yang lebih baik.Akhirnya, secara keseluruhan pelayanan bimbingan dan konseling, penilaian bertujuan untuk memperoleh umpan balik terhadap keefektifan pelayanan bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan.kata kunci : manajemen, bimbingan dan konselingReferences
Afifuddin & Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Pustaka Setia.
Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Faisal, Sanafiah. 2000. Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar Dan Aplikasi),(Malang:Yayasan Asih Asah Asuh Malang.
Hallen. A. 2005. Bimbingan dan Konseling, Ciputat : Quantum Teaching.
Lubis, Syauful Akhyar. 2011. Konseling Islami dan kesehatan mental, Bandung: Citapusaka.
Moleong, J. Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya,.
_________. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2000. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif , Bandung: Alfa Beta.
Pembudi, Bambang Setyo. 2013. Pengantar Manajemen, Universitas Trunojoyo.
Prayitno & Erman Amti. 2001. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakart:. Rineka Cipta.
Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Willis, Sofyan S., 2004. Konseling Individual (Teori dan Praktek), Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Samsu & A. Juntika Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya,