PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017

Flora Sitohang, Tumiyem Tumiyem Tumiyem, Juwita Erdaini

Abstract


Tujuan penelitian ini ada untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media film terhaap kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Manfaat dari penelitian ini sebagai informasi ilmiah yang dapat digunakan sebagai upaya untuk menambah khasanah dan pengembangan wacana pendidikan yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan di bidang bimbingan dan konseling pada umumnya, dan menambah kajian bagi psikologi tentang pengaruh laynan informasi menggunakan media film terhadap kepercayaan diri.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela XI SMA N 1 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017.Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa (populasi) yang berjumlah 80 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket layanan informasi menggunkan media film dan angket kepercayan diri siswa yang masing-masing berjumlah 6 item soal yang sebelumnya telah diuji coba sehingga bias digunakan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji asosiatif (pengeruh) dengan rumus korelasi product moment untuk mengetahui signifikaannya dilanjutkan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh data Variabel X dengan Mean= 16.80, SD= 4.300 dengan N=80 orang siswa dan Variabel Y dengan Mean=17.00, SD=4.314 dengan N=80 orang siswa. Dengan hasil penelitian perhitungan nalisis, hasil t hitung = 17,27 dengan taraf signifikan nyata α = 0,05 dan dk yaitu n = 80-2 = 78. Kemudian dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel jika t hitung> t tabel , dengan ketentuan nilai t tabel = 1,98 , jadi dapat dilihat bahwa 17,27 > 1,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan informasi menggunakan media film terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Diharapkan untuk peneliti yang akan selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah percaya diri dengan kondisi subjek yang berbeda, namun menggunakan layanan dan teknik yang sama tetapi dengan masalah yang berbeda dalam melaksanakan penelitian berikutnya.

kata kunci : layanan informasi, kepercayaan diri


Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsismi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka

Cipta, edisi revisi,

Aqib, Zainal. 2011. Bimbingan dan konseling di sekolah, Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. 2003. Media pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Barbara de.Engelis. 2014. Percaya diri sumber sukses dan kemandirian, Jakarta: PT

Chandrawati.Nelly. go.id: Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang implementasi

Kurikulum Lampiran IV Bagian VIII, di akses 20 Agustus 2014.

Gunawan. Yusuf. 2006. Pengantar bimbingan dan konseling dalam berbagai latarbelakang,

Bandung: Refika Aditama,

Hakim. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Jakarta: Puspa Swara.

Jogiyanto. HM. 1999. Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset.

Luddin.Abu Bakar.M. 2010. Dasar-dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik. Bandung: Cita Pusaka Media Perintis,

Nasution. 2011. Teknologi pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution.Zulkarimein. 1984. Media dalam pembelajaran, Jakarta: CV.Rajawali.

Nurihsan Juntika A. 2006. Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar belakang, Bandung: Refika Aditama.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Managemen bimbingan dan konseling, Surabaya: Unesa University Press.

Prayitno dan Erman Amti. 2010. Dasar-dasar bimbingan dan konseling, Jakarta: Rieneka Cipta Edisi Revisi.

Slameto, 1986. Bimbingan di Sekolah, Salatiga: PT Bina Aksara.

Sukardi. Dewa Ketut, 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian pendidikan, cet ke-11 Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 1995. Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprijanto, 2009. Pendidikan orang dewasa, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Tohirin. 2009. Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah berbasis integrasi, Jakarta: Rajawali Press.

Tim Pengembang. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT IMTIMA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. 2004. Jakarta Pusat data dan informasi pendidikan Balitbang.

Usman, Basyiruddin. 2002. Media pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan konseling Studi & Karir, Yogyakarta: Andi Offset.

Wardati dan Jauhar, 2011. Implementasi bimbingan & konseling di sekolah,Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Winkel dan Sri Hastuti, 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abdi.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsbk.v6i4.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.