PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KELAS X DAN XI SMK SWASTA MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v6i4.67Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Layanan Informasi terhadap Pemahaman Siswa pada Penyalahgunaan Narkoba di Kelas X dan XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Siswa pada Penyalahgunaan Narkoba di Kelas X dan XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbedaan dengan menggunakan rumus uji-t. Sebelum melakukan uji-t tanpa pembelajaran terlebih dahulu menghitung uji nomalitas dan homogenitas varians kedua kelompok sampel dengan tes kemampuan awal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Maju Binjai yang beralamat di Jalan Tengku Amir Hamzah Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara Kode Pos 20746. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: ada pengaruh layanan informasi dengan pemahaman siswa siswa kelas X dan XI SMK Swasta Maju Binjai tahun pelajaran 2016/2017. Dari tingkat Reliabilitas instrumen penelitian yang dibuat nilai Cronbach's Alpha 0,934 layanan informasi sementara tingkat Reliabilitas Instrumen penelitian yang dibuat nilai Cronbach's Alpha 0,928 pemahaman siswa pada penyalahgunaan narkoba. Perhitungan Adjusted R Square 0,266. Hal ini berarti bahwa Standard Error of the Estimate 7,07839. Apabila variabel layanan informasi tidak ada. Hasil di atas memberikan penjelasan bahwa pemahaman siswa pada penyalahgunaan narkoba siswa meningkat apabila pengaruh layanan informasi lebih baik. kata kunci: layanan informasi, pemahaman siswa, penyalahgunaan narkobaReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Syaifuddin. 2000. Statistika Untuk Penelitian, Sebelas Maret University Press, Surakarta.
Ghoodse. 2002. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Sumber Ilmu.
Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis: Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo.
Ifdil. 2008. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa Universitas Unesa.
Jackobus. 2005. Psikologi perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Ilmu.
Kurniawan. 2009. Bimbingan Karir untuk SMK. Jakarta: Intan Pariwara.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyana, Dedi. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun, 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI.
Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.
Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Remaja dalam persfektif Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013.Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supatra, I Made. 2004. Perkembangan Anak. Jakarta: Sumber Ilmu.
Winkel & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogjakarta: Media Abadi.
Wresniwiro. 2008. Bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa. Surabaya: Sumber Karya Ilmu.