PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI DUSUN III DESA TELUK MEKU TENGAH PANGKALAN BRANDAN

Authors

  • Risma Dina
  • Nurul Hasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kecanduan Game Online Pada Remaja Di Dusun III Desa Teluk Meku Tengah Pangkalan Brandan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang remaja. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi eksperimental dengan menggunakan metode the one group prettes-posttest dan menggunakan analisis dara korelasi product moment. Hasil  korelasi diperoleh 0,840 > 0,553, hal tersebut menunjukkan bahwa data valid. Uji hipotesis diperoleh  hasil 10,970 > 0,553 menunjukkan thitung > ttabel hal tersebut menunjukkan hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kecanduan Game Online Pada Remaja Di Dusun III Desa Teluk Meku Tengah Pangkalan Brandan. 

References

Hussain, Z., & Griffiths, M. D. (2009). Excessive use of massively multiplayer online role-playing games: A pilot study. International Journal of Mental Health and Addiction, 7(2), 563–571.

Gibson, RL & Mitchell, M.H. 2010. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jap, T., Tiatri, S., Jaya, E. S., & Suteja, M. S. (2013). The development of Indonesian online game addiction questionnaire PLoS ONE, 8(4), 4–8.

Lebho, M.A, dkk. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, Vol.2, No.2, , pp. 202~212.

Mahardika, A. (2016). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kontrol Diri dan Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Skripsi: Bandung. Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Nadeak, B. (2021). The Effect of Online Game Addiction on the Quality of Student Education During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Vol 54, No 3 2021, 520-528

Nadia, I. S. (2014).Pengaruh Video Game Berunsur Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Remaja (Kasus Remaja di SMK Wiyata Kharisma, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor), (Bogor: IPB, 26 Juni), hlm. 1

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi. Vol. 27, No. 2, 148 – 158.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. Jurnal Curere. Vol 1, No 1, Hal 28-38.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Setia, S.F. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mencegah Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas X Di Smk Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ulya, L., Sucipto, & Fatuhurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMAVolume 7, No.3, 2021, pp. 1112-1119.

Yusuf, S. (2006). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (SLTP dan SLTA).Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Downloads

Published

2022-11-24