PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI DI SMK SWAKARYA BINJAI

Authors

  • Azizah Batubara STKIP Budidaya Binjai
  • Risma Dina STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i2.707

Abstract

Kecanduan bermain game online membuat prestasi siswa di sekolah menurun, bahkan sering kali tidak mengikuti kegiatan sekolah, dikarenakan bermain game online tidak kenal waktu. Guru BK sangat berperan penting dalam membantu dan mengarahkan anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang dilakukan guru BK dalam penanganan siswa yang suka bermain game online di SMK Swakarya Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek dalam penelitian adalah guru BK di SMK Swakarya Binjai. Objeknya adalah langkah-langkah yang dilakukan guru BK dalam penanganan siswa yang suka bermain game online. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, kemudian di analisis dan di dekripsikan dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online pada siswa guru bimbingan dan konseling di haruskan untuk ikut aktif dalam mengawasi perkembangan pada siswa kelas XI di SMK Swakarya Binjai.

References

Al-Munnajib, S.M. (2016). Bahaya Game. Solo : Aqwam Media

Fitri, E, dkk. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal IICET. 4(3). (211-219).

Ismi, N. & Akmal. (2020). Dampak Game Online terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education. 3(1) (1-10).

Nilwan, A. (2007). Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta : Elex Media Komputondo.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja : Dampak dan Pencegahannya. Jurnal UGM, Buletin Psikologi. 27(2) (148-158).

Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Ridlo, M. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa Pecandu Game Online di MA Al-Muniroh Kecamatan Ujung Pangkal Gresik. Skripsi Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Simarmata, S.W. & Citra, Y. (2020). Kecanduan Internet terhadap Keterampilan Sosial di Era Generasi Milenial. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9 (1): 16-21.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabet.

Suplig, M.A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah di Makasar. Jurnal JAFFRAY. 15(2) (177-200).

Syamsu, Y. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkambangan Suatu Pendekatan Komperhensi. Bandung : Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-11-24