GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK DIMASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS XI TBSM SMK TUNAS PELITA BINJAI

Authors

  • sari wardani simarmata
  • Rabukit Damanik
  • Chitra Wulandari A.A

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsbk.v12i1.832

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik siswa pada masa pandemi covid-19 di SMK Tunas Pelita Binjai. Jenis penelitian ini temasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 64 orang siswa kelas XI TBSM SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument angket prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa prokrastinasi akademik siswa di masa pandemi covid-19 pada indikator penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas berada pada kategori rendah dengan nilai rata- rata 25,89. Pada indikator keterlambatan dalam mengerjakan tugas berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 21,56. Pada indikator kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 15,98. Pada indikator melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 22,72. Kemudian kategori prokrastinasi akademik siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata mencapai 86,15.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Ghufron, N. dan Risnawita, R. (2019). Teori- Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Handoyo, A.W. (2020). “Prokrastinasi Mahasiswa Selama Masa Pembelajaran Daringâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 355-361.

Nainggolan, N.E.W. (2018). “Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswaâ€. Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Rigianti, H. A. (2020). “Kendala Pembelajaran Dariing Guru Sekoolah Dasar di Banjarnegara. Elementary Schoolâ€. Juurnal Pendidiikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2),768-779.

Sari, R.P. (2021). “Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selaama Covid-19â€. Jurnal Ilmiah Kependiidikan 2 ( 1), 1-9.

Simarmata, S.W dan Kurniawati. (2018).

“Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Pelajaranâ€. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 8(1), 50-59.

Suhadianto. (2019). “Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak Dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswaâ€. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 10 (2),204-223.

Yuliana. (2020). “Corona virus diseases (Covid 19) Sebuah tinjauan literatureâ€. Jurnal Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187-192.

Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-23