PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA SISWA KELAS IV SDN SUKAMULYA 01 KABUPATEN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsbk.v12i2.956Abstract
Pembelajaran yang telah dilangsungkan oleh guru kepada siswa ternyata masih belum maksimal dalam mata pelajaran PKn, akibatnya berdampak kepada banyak siswa yang belum memperoleh nilai KKM. Seorang guru perlu mampu memberikan variasi sebuah pembelajaran agar membuat siswa mampu belajar aktif. Melalui penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukamulya 01 Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan bersama guru di SDN Sukamulya 01 Kabupaten Bekasi. Penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2023 menggunakan 2 siklus yang mengambil dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan, dan tahap refleksi. Pada proses pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Siswa kelas IV SDN Sukamulya 01 Kabupaten Bekasi sejumlah 24 orang, terdiri dari 14 Laki-laki dan 10 orang perempuan. Tahapan yang dilakukan sesuai dengan prosedur model pembelajaran discovery learning. Kenaikan rata-rata dari hasil belajar pada siklus l ke siklus ll sebesar 33,4%. Penerapan model pembelajaran discovery learning merupakan suatu alternatif untuk dapat membagikan pengetahuan yang nyata dan diharapkan siswa agar lebih aktif di dalam kelas. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan maka penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar.References
Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana, 3(2), 59–63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index%0Ahttp://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/632
Eka Tusyana, & Devi Luciana. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar PKN. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 05, 1–23.
Jamaah, J., & Amin, A. (2023). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Sistem Hukum Nasional di Kelas Xa SMAN 1 Huu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.53299/diksi.v4i1.255
Jaya Wibawa, I. M. A., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Kahar, I., Nur Wahidin Hakim, & Surullah, A. (2022). Implementasi Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam. Sport Science: Jurnal Sains Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 22, 23–30.
Khairani, F., Astuti, N., Loliyana, Rohmawati, D., & Yulistia, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantu LKS terhadap Peningkatan HOTS Siswa sebagai Solusi Tantangan di Era Society 5.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6, 1–23.
Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61
Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265–274. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1868
Sekarini, N. N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45817
Thalib, N., Haris, U., Ekonomi, P., Keguruan, F., Musamus, U., Negara, I. A., Ilmu, F., Politik, I., & Musamus, U. (2023). Jurnal Administrasi Karya Dharma Volume 2 Nomor 1 ( 2023 )
Walter, N., Cleff, T., & Chu, G. (2013). Brand Experience’S Influence on Customer Satisfaction and Loyalty: a Mirage in Marketing Research? International Journal of Management Research and Business Strategy, 2(1), 130–144.
Yuliyanto, Y., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Smp Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Pada Kelas Viii Semester Ii. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2670
Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis .Yogyakarta: Deepublish.
Slavin, R. E. 1997. Cooperative Learning and Student Diversity. In R. Ben-Ari & Y. Rich (Eds.), Enhancing Education in Heterogeneous Schools (pp. 215-247). Israel: Bar-Ilan University Press.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
Versions
- 2024-01-30 (2)
- 2023-10-26 (1)