MANAJEMEN STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i1.1164Keywords:
Standard Management, Early Childhood Education, Educational StandardsAbstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan manajemen standar pendidikan anak usia dini di TK Plus Al-Huda, sebuah lembaga pendidikan di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang praktik manajemen di TK Plus Al-Huda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TK Plus Al-Huda telah berhasil menerapkan prinsip manajemen modern dalam pendidikan anak usia dini. Ini terlihat dari kualifikasi pendidik yang tinggi, keterlibatan aktif semua stakeholder, dan penggunaan metode pengajaran yang inovatif dan berpusat pada anak. Faktor pendukung utama termasuk kepemimpinan yang efektif dan keterlibatan orang tua, sementara tantangan utama adalah keterbatasan sumber daya dan perubahan kurikulum yang cepat. Simpulan dari penelitian ini yaitu TK Plus Al-Huda menunjukkan bagaimana penerapan teori manajemen modern dalam pendidikan anak usia dini dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan anak. Dengan pendekatan yang berpusat pada anak, inovatif, dan melibatkan semua stakeholder, TK Plus Al-Huda menetapkan standar tinggi dalam manajemen pendidikan anak usia dini, memberikan model yang dapat diikuti oleh lembaga pendidikan lainnya. Pendekatan seimbang antara memaksimalkan faktor pendukung dan mengatasi penghambat menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien di TK Plus Al-Huda. Kata Kunci: Manajemen Standar, PAUD, Standar pendidikan This research focuses on the application of standard management in early childhood education at TK Plus Al-Huda, an educational institution in Cicalengka District, Bandung Regency. The method used in this study is a qualitative approach, gathering data through interviews, observations, and documentary studies to obtain a comprehensive overview of the management practices at TK Plus Al-Huda. The findings indicate that TK Plus Al-Huda has successfully implemented modern management principles in early childhood education. This is evidenced by the high qualifications of the educators, active involvement of all stakeholders, and the use of innovative, child-centered teaching methods. The main supporting factors include effective leadership and parent involvement, while the primary challenges are resource limitations and rapid curriculum changes. The conclusion of this study is that TK Plus Al-Huda demonstrates how the application of modern management theories in early childhood education can create an effective and responsive learning environment for children's needs. With a child-centered, innovative approach, involving all stakeholders, TK Plus Al-Huda sets high standards in the management of early childhood education, providing a model for other educational institutions. A balanced approach in maximizing supporting factors and overcoming obstacles is the key to achieving effective and efficient educational goals at TK Plus Al-Huda. Keywords: Standard Management, Early Childhood Education, Educational StandardsReferences
B. Mathew Miles dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Bakar, S. A. S. A., Suryono, Y., & Fauziah, P. Y. (2023). Kajian Literatur Tentang Fungsi Manajemen Bagi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 52–68.
Dessler, G. (2011). Human Resource Management. New York: Pearson Education, Inc.
Djafri, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.494
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Faisal, S. (1985). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Farida, S. (2017). Pengelolaan pembelajaran PAUD. Wacana Didaktika, 5(02), 189–200.
Fattah, N. (2012). Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasibuan, M. S. (2004). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Koontz, H., & O’Donnell, C. (1970). Principles of Management: An Analysis of Managerial Functions. New York: McGraw-Hill.
Kotter, J. P. (1996). Leading Change, Harvard Business School Press, Boston. Search in.
Marfinda. (2022). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3).
Moekiyat. (1980). Kamus Management. Bandung: Alumni.
Moleong, L. J. (1998). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurjanah, S., & Muntaqo, R. (2018). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(3), 247–258.
Porter, M. E. (1980). Competitive strategy: Techniques for analyzing industries and competitors. New York.
Purwanto. (2019). Teori dan Praktik Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sabardi, A. (2001). Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, H. W. (2015). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Senge, P. M. (1990). The art and practice of the learning organization. New York: Doubleday.
Siagan, H. (1993). Manajemen: Suatu Pengantar. Semarang: Satia Wacana.
Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1), 51–70.
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib, 21(1). https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744
Terry, G. R. (2006). Asas-Asas Manajemen. Bandung: Alumni.
Terry, G. R., & Leslie, W. R. (1992). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Tisnawati, S. E., & Saefullah, K. (2006). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Versions
- 2024-05-13 (2)
- 2024-03-31 (1)