PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR-6 MENGENAI PENGENALAN DAN PEMAHAMAN ADAPTASI TEKNOLOGI MENGENAI SOAL LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA DI SD NEGERI 056616 PASAR XII KOTA LAMA
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i1.1216Keywords:
Kata Kunci: Adaptasi Teknologi, Kampus Mengajar, Kualitas PembelajaranAbstract
Kampus mengajar merupakan bagian dari salah satu program kampus merdeka yang berfokus pada penguatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi pada seiring perkembangan zaman pada saat ini. Menyikapi perubahan di era globalisasi memerlukan penerapan dan adaptasi teknologi dalam ruang pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi dunia pendidikan khususnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh implementasi teknologi, khususnya pengenalan program IT, pemahaman pengaplikasian canva dan pemahaman pengaplikasian quizizz terhadap kualitas pembelajaran serta meningkatkan motivasi kegiatan pembelajaran pada siswa di SD Negeri 056616 Pasar XII Kota Lama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melihat dan menganalisis perkembangan kemajuan hasil dari program adaptasi teknologi mengenai pengenalan canva, pengenalan IT dasar dan memperkenalkan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran bagi siswa.Hasil analisis penelitian serta pengabdian yang telah dilakukan selama mengikuti program kampus mengajar menunjukkan bahwa implementasi teknologi baik dari siswa maupun para guru memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Implikasi temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Kata Kunci: Adaptasi Teknologi, Kampus Mengajar, Kualitas PembelajaranReferences
Abraham, M. (2003). pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. jurnal kependidikan.
Alfian. (2010). membuat presentasi menabjubkan dengan microsoft power point. media kita.
D. Hamidah. (2018). Konsep Manejemen Kelas. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 66-74.
Effendi. D., &. W. (2019). Pemanfaatan
Teknologi Dalam Proses
Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. In Prosising Seminar Nasional Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.
Fajri, Z. R. (2022). Pendampingan Guru Paud Al Muhaimin Desa Pangarang Kec Jambesari Darussolah Bondowoso Dalam Pembuatan
Media Pembelajaran Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat Berbasis Teknologi.
Ginting, C. A. A. B., Saputri, L., Mardiana, M., Sitepu, D. R. B. ., Afni, K. .,
Devieta, A., Dinanti, I., & Tarigan, S. B. (2023). Pendampingan Literasi Dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Padang Cermin, Langkat, Sumatera Utara. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 123– 129. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i 1.341
Handayani, R. (2020). Metodologi penelitian sosial. trussmedia grafika.
Hendayana, Y. (2020). Tantangan dunia pendidikan di masa pendemi . jurnal komunikasi.
I. Isrokatun, U. &. (2021). Profesionalisme
Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 1683-1688.
Ilham, S. V.-C. (2022). Use of canva application as a learning media.
Julkifli, J., Darma, H. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan
Antusiasme Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring di Program Studi Administrasi Pendidikan di STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 71-76.
Kuncoro. (2021). Pengertian teknologi menurut para ahli.
Maulani, S. N. (2022). Analisis Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan
Teknologi Indonesia, 539-546.
Mulyati, S. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2495-2504.
Mulyati., S. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2495-2504.
Prawiradilaga. (2012). wawasan. kencana prenada media group.
Qur'ani, B. S. (2023). Training on making interesting percentage learning media using canva. IMPACTS: INTERNATIONAL JOURNAL OF EMPOWERMEN AND
COMMUNITI SERVICES.
S. Vianita Zulyan, B. P. (2014). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik. Jurnal kultur Demokrasi, 2(2).
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan, Jakarta: Pustekom dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman., A. S. (1993). media pembelajaran. alfa beta.
sitepu, dewi rulia. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual
Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas Xi Sma Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. Serunai : Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 11– 18.https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1
.150
Syahid, A. A. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4600-4611.
Syahid, A. A. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. jurnal basicedu, 2600-4611.
Downloads
Published
Versions
- 2024-05-13 (2)
- 2024-03-31 (1)