PENERAPAN TEORI BELAJAR KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MENURUT DAVID AUSUBEL
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i1.1279Keywords:
teori belajar kognitivisme, pembelajaran bermakna, PAKAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengelaborasi pemikiran teori belajar kognitif David Ausubel serta mencoba untuk mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran Agama Katolik di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, di mana peneliti mencari dan mempelajari pelbagai literatur terkait serta memadankan itu dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik. Adapun hasil kajian dari penelitian ini adalah: 1) David Ausubel adalah bagian dari aliran teori belajar Kognitivisme; 2) Konsep dasar teori belajar kognitif Ausubel adalah pembelajaran bermakna yang mengaitkan pelbagai informasi-informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat pada struktur kognitif seseorang; 3) Pembelajaran bermakna dapat diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK), dengan mengikuti struktur dan gaya berpikir Ausubel, yaitu advance organizer, progressive differensial, integrative reconciliation, dan consolidation.References
Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Al-Taujih.
Annisa, A. (2011). Teori Belajar Kognitivisme. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/akmala-04/5508eef0a333112a452e39d1/teori-belajar-kognitivisme
Anwar, C. (2017). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Konteporer. IRCiSod.
Ariyanto. (2012). Penerapan Teori Ausubel Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Pertidaksaan Kuadrat di SMU. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
David Ausubel. (n.d.). Ensiklopedia Dunia.
Elfianis, R. (2023). Kajian Pustaka: Pengertian, Langkah, Metode, Penulisan dan Contoh. Agrotek.
Faaizah, N. (2023). Mengenal Teori Belajar Ausubel, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya? Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7015921/mengenal-teori-belajar-ausubel-apa-saja-kelebihan-dan-kekurangannya#:~:text=Tipe Belajar dari Teori Belajar,fakta-fakta yang tersimpan sebelumnya.
Fiska. (2022). Apa Itu Teori Ausubel: Cara Menerapkan Meaningful Learning. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/teori-ausubel/
Hadza, B. (2023). Teori Belajar Kognitif Menurut Ahli Beserta Dampak Penerapannya. DetikEdu.
Hamida, N. A., Sein, L. H., & Ma’rifatunnisa, W. (2022). Implementasi Teori Meaningfull Learning David Ausubel dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mi Nursyamiyah Tuban. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4).
Harefa, A. O. (2013). Penerapan Teori Pembelajaran Ausubel dalam Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 36, 43–55. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/168547-ID-penerapan-teori-pembelajaran-ausebel-dal.pdf
Hartati, T., & Panggabean, E. M. (2023). Karakteristik Teori-teori Pembelajaran. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 5–10. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13431
Isti’adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Kamil, I. (n.d.). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19.
Logos Indonesia. (2023). Biografi David Paul Ausubel dan Pembelajaran Bermakna. Logos Indonesia. https://www.logosconsulting.co.id/media/biografi-david-paul-ausubel-dan-pembelajaran-bermakna/
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1).
Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2).
Pahliwandari, R. (2016). enerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pendidikan Olah Raga, 5(2).
Putri, D. A. (2023). Pengertian, Prinsip dan Contoh Penerapan Teori Belajar Kognitif. Lifestyle.
Setiadi, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Bermakna Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, V(1).
Setiawan, R. (2022). Memahami Teori Belajar Kognitif. Dikoding.
Setiyawan, A., & Dkk. (2017). eori Belajar Kognitif Gestalt Dan Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(27).
Setyonari, H. P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. PrenadaMedia Group.
Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling, 1(02).
Syaodih, N., & Sukmadinata. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Thamborin, G. (2022). Teori Belajar Kognitif-Pengertian, Ciri, Prinsip, dsb. Serupa.Id.