KONSEP MANAJEMEN KELAS

Hamidah D -

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pentingnya manajemen kelas dalam proses pembelajaran. Manajemen kelas dan pengajaran adalah dua kegiatan yang sangat erat hubungannya, namun dapat dan harus dibedakan satu sama lain karena tujuannya berbeda. Kalau pengajaran mencakup semua kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pengajaran. Manajemen kelas menunjukkan kepada kegiatan-kegiatan yang mencakup dan memperhatikan kondisi yan optimal bagi terjadinya pfroses belajar-mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengaturan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Keberhasilan pengajaran dalam arti tercapainya tujuan-tujuan instruksional, sangat tergantung pada keterampilan manajemen kelas. Kelas yang baik dapat menciptakan situasi yang memungkinkan anak belajar sehingga merupakan titik awal keberhasilan pengajaran. Proses ini bisa berjalan berkat kerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan dalam hal ini sekolah. Dalam proses pembelajaran di kelas yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah mengupayakan atau menciptakan kondisi belajar mengajar yang baik. Dengan kondisi belajar yang baik diharapkan proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik pula. Proses pembelajaran yang baik akan meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan serta kesalahan dalam pembelajaran. Maka dari itu penting sekali bagi seorang guru memiliki kemampuan menciptakan kondisi belajar mengajar yang baik dan untuk mencapai tingkat efektivitas yang optimal dalam kegiatan instruksional kemampuan manajemen kelas merupakan salah satu faktor yang harus dikuasai oleh seorang guru

Full Text:

PDF

References


DePorter, B., et al. (2003). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Luar Kelas. Terjemahan oleh Ary Nilandari, Bandung: Kaifa

Djamarah, S. B dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Soetopo, H. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran, Teori, Permasalahan, dan Praktek. Malang: UMM Press.

Tim Pakar Manajemen Pendidikan UNM. (2003). Manajemen Pendidikan. Surabaya: UNM

Usman, U.M. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Karya Rosda.

Winataputra, U.S., dkk. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Yamin, M. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press




DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.130

Refbacks