KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH

Maulana Akbar Sanjani

Abstract


Kepala Sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala Sekolah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga pendidikan lainnya, pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana juga sebagai supervisor pada sekolah yang dipimpinnya. Jika dilihat dari syarat guru untuk menjadi Kepala Sekolah, Kepala Sekolah bisa dikatakan sebagai jenjang karier dari jabatan fungsional guru. Apabila seorang guru memiliki kompetensi sebagai Kepala Sekolah dan telah memenuhi persyaratan atau tes tertentu maka guru tersebut dapat memperoleh jabatan Kepala Sekolah. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Gaya kepemimpinan demokratis ditandai dengan pola perilaku tugas tinggi dan pola perilaku tenggang rasa tinggi. Kepala sekolah yang melakukan gaya kepemimpinan demokratis besar sekali perhatiannya, baik dalam upaya peningkatan kesejahteraan guru maupun pegawai. Berbeda dengan gaya kepemimpinan partisipatif yang lebih banyak mempercayakan kepada guru dan pegawai untuk mengorganisir pekerjaannya masing-masing. Dalam gaya kepemimpinan demokratis, kepala sekolah berperan aktif dalam menentukan tugas dan tanggung jawab masing-masing guru, dan tetap melakukan pengawasan dalam proporsi yang memadai.


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1999). Supervisi Pendidikan (Materi Pelatihan Calon Kepala Sekolah). Dirjen: Dikdasmen.

Dirawat, dkk. (1983). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Engkoswara dan Komariyah,A. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

__________. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_________. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

__________. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudarman, D. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta.

Syaiful, S. (2008). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru Strategis Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesionalis. Jakarta: Prestasi Jakarta.

Thoha, M. (1995). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo (2011). Kepemimpinanan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131

Refbacks