UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI MAS NURUL HAKIM TEMBUNG DELI SERDANG

Zulkifli - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan Mengelola Kelas dan keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Nurul Hakim Tembung, Deli Serdang   3 bulan, mulai dari tanggal 1 Agustus s/d 24 Nopember 2018. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang guru MAS Nurul Hakim Tembung, Deli Serdang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan Mengelola Kelas dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan dengan menggunakan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian tindakan ini menggunakan model penelitian tindakan sekolah, mengacu pada model penelitian tindakan kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan ini terus diulang per individu sampai permasalahan guru dalam keterampilan Mengelola Kelas dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan teratasi. Hasil analisis data guru dalam menerapkan keterampilan Mengelola Kelas sebagai berikut : pada saat siklus I rata-rata sebesar 67,65% (kategori cukup) dan keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan sebesar 65,96% (kategori cukup). sehingga dilakukan bantuan berupa bimbingan kepada guru tentang bagaimana Mengelola Kelas dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan yang baik. Setelah dilakukan Tindakan Supervisi klinis, maka keterampilan Mengelola Kelas pada siklus II naik menjadi 83,16% (kategori baik), begitu juga dengan keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan pada siklus II naik menjadi 82,45%. Dari paparan data tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai keterampilan guru di MAS Nurul Hakim Tembung, Deli Serdang dalam Mengelola Kelas dan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan melalui kegiatan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif, sehingga kepala Madrasah/Sekolah dan pengawas sekolah dapat menerapkan serta mengembangkan kegiatan supervisi klinis dengan lebih baik, dengan harapan kemampuan guru dalam mengajar menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2004. Dasar-dasar supervisi, Yogyakarta : Rineka Cipta

Kemmis. S. & Mc Tagart, R. 1982. The action reseach planner. Victoria, Australia : Deakin University Press

Muktar dan Iskandar. 2009. Orientasi baru supervisi pendidikan, Jakarta : Gaung Persada Press

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2004. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya

Saardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wau, Yasarotodo. 2014. Profesi Kependidikan. Deli Serdang : Unimed Press




DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.132

Refbacks