PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PembaTIK) SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i2.1428Keywords:
pemberdayaan guru, pembelajaran berbasis TIK, pembaTIK, mutu sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan guru melalui program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi) serta dampaknya terhadap mutu sekolah. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, guru sebagai pilar pendidikan harus beradaptasi dan menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan efektif. Program PembaTIK, yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dirancang untuk meningkatkan kompetensi teknologi guru melalui model pelatihan empat tingkat: Literasi, Implementasi, Kreasi, dan Kolaborasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan angket terkait program PembaTIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak guru berhasil menguasai dasar-dasar TIK dan mengimplementasikannya di kelas, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan berkelanjutan, dan resistensi terhadap perubahan masih menghambat integrasi teknologi yang optimal, terutama di daerah terpencil. Penelitian ini menyimpulkan dengan memberikan rekomendasi praktis untuk mengoptimalkan penggunaan TIK dalam pengajaran, termasuk peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan berkelanjutan, penguatan kolaborasi, serta dukungan psikologis dan motivasi untuk mengatasi resistensi terhadap perubahan.References
Abduh, Moch., et.al. 2022. Kajian Reflektif PembaTIK 2021 untuk Perbaikan Pembelajaran Berbasis MOOC. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar.
Afif, Nur. 2019. Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur'an.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Habsyi, Irsan, Iswadi M. Ahmad. 2022. Pendidikan dan Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Masa Depan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK).
Heriyanto. 2018. Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. ANUVA.
Hidayat, Asep Saepul, et.al. 2024. Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penggunaan Media Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Proses Pembelajaran. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Medina, Ervita, et.al. 2023. Pengaruh Pemberdayaan Guru Terhadap Loyalitas Guru di MAN 4 Jakarta. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Nikmataussidah. 2021. Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebuah Literasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Literasiologi.
Nurhaliza, Adinda Putri, et.al. 2024). Mengatasi Hambatan dan Resistensi dalam Implementasi Inovasi Pendidikan: Strategi dan Pendekatan Efektif. Journal MISTER.
Pusat Data dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dalam Meningkatkan Level Kompetensi TIK Guru di Indonesia.
Saleh, Baso. 2015. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Masyarakat di Kawasan Mamminasata. Jurnal Pekommas.
Setiawan, Dedi. 2018. Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SLB. IJEMAR: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review.
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-28 (2)
- 2024-12-16 (1)







