PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEKOLAH PENGGERAK

Authors

  • JIMMI Reinhard Tambunan UNIVERSITAS PEMBINAAN MASYARAKAT INDONESIA M E D A N

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsap.v13i2.1450

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas Pembelajaran Sekolah Penggerak

Abstract

Penelitian yang digunakan peneliti dalam artikel ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Penggerak Angkatan 1 di Kecamatan Kota Kisaran Barat. Penelitian ini dijadwalkan pada bulan Maret 2024 s/d April 2024. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun alasan peneliti menjadikan kepala sekolah, guru dan siswa sebagai subjek penelitian, adalah karena kepala sekolah yang menjadi peran utama dalam terlaksanakannya program sekolah penggerak, guru adalah orang yang mengatur dan melaksanakannya program sekolah penggerak, sedangkan siswa adalah orang yang terlibat dalam prosesnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran kepala sekolah sangat penting dalam menentukan suatu perubahan di satuan pendidikan, oleh sebab itu kepala sekolah harus bisa menjadi seorang fasilitator, motivator, mediator, dan pembimbing sehingga guru dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non kognitif/karakter untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala sekolah di Kecamatan Kota Kisaran Barat berperan krusial dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah penggerak. Melalui visi yang jelas, pengembangan profesional guru, penerapan metode inovatif, dan kolaborasi dengan orang tua serta masyarakat, kepala sekolah mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan berkelanjutan.

References

Halrefal, D. (2020). Kooperaltif Malke al Maltch Paldal ALplikalsi Jalralk Daln Perpindalhaln. Peningkaltaln Halsil Belaljalr, 8(1), 1–18.

Malrdizall, J., Halndalyalni, E. S., Ghalzalli, AL., ALl Halddalr, G., ALnggrialwaln, F., & ALrifudin, O. (2023). Model Kepemimpinaln Tralnsformaltionall, Visioner daln ALuthentic Kepallal Sekolalh dallalm Meningkaltkaln Mutu Pendidikaln di Eral 4.0. Innovaltive: Journall Of Sociall Science Resealrch, 3(5), 2994–3003.

Muhaljiir, dkk (2021). Implementalsi daln Problemaltikal Merdekal Belaljalr. In ALkaldemial Pustalkal (Vol. 6, Issue 11).

Musdallifalh, Robialnto, & Irfaln. (2020). Kebijalkaln Kepallal Sekolalh Tentalng Kultur Sekolalh Daln Relevalnsinyal Dengaln Pendidikaln ALgalmal Islalm. Jurnall Malppesonal, 1(3), 1–11.

Roiyalnital, AL., & Balhtialr, R. S. (2023). Kaljialn Literaltur Peraln Guru Dallalm Meningkaltkaln Motivalsi Pesertal Didik Untuk Belaljalr ALktif Daln Malndiri Di Tingkalt Sekolalh Dalsalr. Elemental: Jurnall PGSD STKIP PGRI Balnjalrmalsin, 5(1), 54–71. https://doi.org/10.33654/pgsd

Salputral, AL. (2024). Peraln Kepemimpinaln Kepallal Sekolalh Dallalm Meningkaltkaln Kinerjal Guru Mal Mal’alrif 9 Kotal Galjalh Purworejo Kecalmaltaln Kotal Galjalh. Unisaln Jurnall: Jurnall Malnaljemen Daln Pendidikaln, 03(01), 188–201.

Siswalnto, D. H., Salmsinalr, ALlalm, S. R., & ALndriyalni. (2024). Peraln Kompetensi Guru dallalm Meneralpkaln Kurikulum Merdekal. Jurnall Pendidikaln Didalxei, 5(1), 763–773.

Zin, E. M., Wildalnal, S. N., & ALnshori, M. I. (2023). Studi Literaltur : Galyal Kepemimpinaln Tralnsformalsionall daln Motivalsi Kerjal. Jurnall of Malnalgement alnd Sociall Sciences, 1(3), 208–231.

Downloads

Published

2024-10-31 — Updated on 2025-01-28

Versions