PERAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsap.v13i2.1452Keywords:
Kompetensi Sosial dan Profesionalisme Guru.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran kompeltelnsi sosial dan kelcelrdasan elmosional telrhadap profelsional gulrul pada ULPTD SD Nelgelri Sel Kelcamatan Pullaul Rakyat. Penelitialn ini meggunalkaln pendekaltaln kuallitatifl. Dimana metode ini berisikan tentang deskriptif dari permasalahan yang dihadapi peneliti sehingga memberikan solusi pada permasalahan tersebut. Sejauh ini peneliti hanya mendapatkan masalah tentang kompetensi sosial dan kecerdasan emosional guru yang kurang mendalam, hingga tidak dapat membantu dari keseluruhan dari permasalahan tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara. Pelnellitian ini dilakulkan pada ULPTD SD Nelgelri Sel Kelcamatan Pullaul Rakyat. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di UPTD SD Negeri se-Kecamatan Pulau Rakyat telah berkomitmen untuk meningkatkan profesionalisme guru, terutama dalam aspek kompetensi sosial dan pedagogik. Upaya dilakukan melalui pemahaman mendalam terhadap karakteristik peserta didik, penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk memastikan pembelajaran terstruktur, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam membangun komunikasi yang baik, guru di SMP fokus pada hubungan antar guru, antara guru dan siswa di kelas, serta dengan masyarakat sekitar. Partisipasi aktif dalam kegiatan bersama di sekolah dan masyarakat menjadi salah satu strategi untuk memperkuat keterlibatan pihak sekolah dengan masyarakat. kendala utama dalam kompetensi sosial adalah kurangnya komunikasi yang buruk antara guru dan siswa dan ketidak pahaman siswa meskipun guru telah berkomunikasi dengan baik dan maksimal. Komunikasi yang buruk dapat menghambat efektivitas pembelajaran, terutama dalam penyampaian materi dan interaksi responsive.References
Abidin, Z., & Purnamasari, M. (2023). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa (Sebuah Keharusan Yang Tak Bisa Ditawar). Research and Development Journal of Education, 9(1), 513–519. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16900
Fifani, N. A., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Kota Batusangkar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.24903/pm.v8i1.1216
Hasibuan, A. T., Fitriah, D. L., Nasution, A. F., & Harahap, S. A. (2023). Professionalisme Guru Mi Di Era Kebebasan (Merdeka Belajar). Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 11–20.
Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. Ta’dibi : Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 42–62.
Karmila, W., Anshory, M. I., Muslim, A., & Nuryayi Taufik, D. (2024). Pelatihan Program Pengembangan Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Di SD Muhamadiyah 2 Karangpawitan Garut. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 41–54. https://jurnal.staip.ac.id/index.php/khidmah/article/view/626
Lasari, D. M. (2023). Analisis Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Pendidik pada Sekolah Luar Biasa. AN-NADWAH, 29(19), 123–129.
Setiana Ardiati, S., Suhrowardi, & Ahmad Fauzi, I. (2023). Pengaruh Komunikasi Guru Dalam Mengajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran. Journal E-Gov Wiyata: Education and Goverment, 1(1), 30–39. https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-govHalaman30
Taloim, M., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2024). Peran Dedikasi Guru Dalam Mengembangkan Profesionalisme Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 3(2), 93–101. https://doi.org/10.52960/jd.v3i2.272
Wijaya, H. A. (2023). Kepemimpinan Partisipatif dalam Meningkatkan Mutu sekolah. Journal on Education, 6(1), 8387–8391.
Downloads
Published
Versions
- 2025-01-28 (2)
- 2024-11-05 (1)







